Manfaat-Air-Rendaman-Kurma-Untuk-Asam-Lambung-Ini-Faktanya

Manfaat Air Rendaman Kurma Untuk Asam Lambung, Ini Faktanya

Manfaat air rendaman kurma untuk asam lambung benarkah bagian dari khasiat buah kurma? Buah kesukaan nabi ini memang mempunyai banyak khasiat dan hal tersebut sudah tidak diragukan lagi. Namun bagaimana dengan air rendaman kurmanya, apakah memang nantinya bisa memberikan manfaat bagi tubuh kita?

Buah satu ini memang banyak diminati saat bulan Ramadan.  Namun bukan berarti di bulan biasanya tidak tersedia ya. Tetap ada, hanya saja lebih banyak yang mengonsumsi saat bulan Ramadan.  

Manfaat Air Rendaman Kurma Untuk Asam Lambung

Air rendaman buah kurma dikenal dengan sebutan air nabeez. Cara membuatnya seperti infused water yang sudah biasa kita gunakan. Biasanya untuk membuat infused water kita menggunakan buah-buahan juga sayuran tertentu. Untuk jenis lainnya kita buat dari buah kurma atau dengan kismis. 

Pernah membuat beberapa kali air nabeez dan rasanya memang enak, tetapi keluarga lebih suka dengan menyantap langsung buahnya. Alasan lain karena rasa manisnya lebih terasa dan mantul. Membuat air nabeez tidak hanya untuk jenis kurma tertentu, tetapi bisa menggunakan jenis kurma apa saja. 

Ini-Manfaat-Air-Rendaman-Kurma-Untuk-Asam-Lambung

Manfaat Kurma Saat Berpuasa

Buah kurma mempunyai kandungan nutrisi cukup beragam. Serat, karbohidrat, gula, kalium, kalsium, magnesium, tembaga, antioksidan juga zat besi. Nutrisi ini tentu mendukung asupan tubuh setelah 13 jam menjalankan puasa. 

Mana yang lebih enak, air nabeez atau buah kurmanya? Untuk rasa tentunya lebih enak dengan mengonsumsi langsung, tetapi untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh maka bisa membuat air nabeez tersebut. Alhasil bisa mendapatkan manfaat air rendaman kurma untuk tubuh.

Manfaat-Air-Rendaman-Kurma-Untuk-Asam-Lambung-yang-Layak-Diketahui

Cara Membuat Rendaman Air Kurma

Membuat rendaman air kurma sangatlah mudah dan cepat. Siapkan dahulu semua bahan yang akan digunakan, yaitu :

  • Kurma yang sudah dibersihkan dari bijinya
  • Wadah tertutup untuk tempat rendaman
  • Air bersih

Selanjutnya cara pembuatan :

  1. Siapkan dahulu beberapa butir kurma. Jumlahnya sesuai dengan kesukaan Nabi ya, berjumlah ganjil (3,5 atau 7) bisa disesuaikan dengan wadah yang akan digunakan untuk merendam. 
  2. Isi wadah tersebut dengan air putih suhu ruangan. Kemudian masukkan kurma ke dalamnya dan simpan dalam waktu 8-12 jam. 
  3. Hasil dari rendaman tersebut membuat air menjadi berwarna keruh dan buah kurmanya melunak. 

Apakah nantinya buah kurma tetap enak dimakan? Ya, tetap enak donk hanya teksturnya saja yang berubah dan tetap bisa disantap. Selain menggunakan buah kurma, boleh juga dengan buah kismis. 

Bolehkah air nabeez ini diminum setiap hari? Boleh kok karena sama saja seperti infused water yang biasa kita minum setiap harinya. 

Baca juga:

Ketahui-Manfaat-Air-Rendaman-Kurma-Untuk-Asam-Lambung

Manfaat Air Nabeez Kurma

Setelah tahu bagaimana cara membuatnya, kita juga perlu mengetahui apa saja sih manfaat dari air nabeez ini. Benarkah manfaat air rendaman kurma untuk asam lambung atau apa manfaat lain yang terkandung di dalamnya? 

1. Mengendalikan Asam Lambung

Menurut studi yang dijelaskan dalam Journal of Medicine and Health Science Kolej University Insaniah, manfaat air rendaman kurma dapat membantu mengendalikan asam lambung. Air nabeez tersebut memiliki sifat alkali yang mampu menghilangkan keasaman pada lambung dan sistem pencernaan.  

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air rendaman buah kurma ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme protein, produksi sel darah merah dan hemoglobin juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

3. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang ada di dalam air nabeez penting untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Minum air nabeez tidak hanya saat berbuka saja, tetapi boleh juga saat sahur.

4. Menjaga Kesehatan Tubuh

Air nabeez bersifat alkali yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu juga membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh tentu membantu mengoptimalkan fungsional tubuh dengan baik. 

5. Sumber Energi

 Manfaat air rendaman kurma yang lain adalah dapat menambah energi tubuh. Kandungan karbohidrat dan gula yang terdapat dalam buah kurma menjadi tambahan sumber energi bagi tubuh. Bila air nabeez diminum saat sahur atau setelah berolahraga maka akan membuat tubuh lebih berenergi.   

Penutup

Manfaat air rendaman kurma untuk asam lambung berdasarkan dari penelitian yang sudah dilakukan. Selain manfaat tersebut juga ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan, diantaranya menambah energi juga menjaga daya tahan tubuh.  

Khasiat buah kurma tidak hanya dapat disantap begitu saja, tetapi bisa dijadikan sebagai infused water. Bulan Ramadan seperti saat ini banyak yang menjual dan mencari buah ini. Apakah kamu termasuk salah satu penyuka buah ini?

Salam,

#BPNRamadan #Hari-7

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *