Ide-Kreatif-di-Bulan-Ramadhan-dengan-Aktivitas-Di-Rumah

Ide Kreatif di Bulan Ramadhan dengan Aktivitas Di Rumah

Ide kreatif di bulan Ramadhan tidak hanya dilakukan dengan aktivitas di luar rumah, tetapi juga bisa dilakukan dalam rumah. Apalagi masa pandemi belum dicabut jadi kita tidak boleh lengah dengan kondisi saat ini.

Hal lain yang kita lakukan adalah memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan agar bulan penuh hikmah ini tidak lewat begitu saja. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan, baik aktivitas rutin juga aktivitas tambahan untuk bulan Ramadhan ini.  

Ide Kreatif di Bulan Ramadhan yang Menghasilkan Uang

Masa sebulan berpuasa banyak dimanfaatkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik. Selain melakukan kegiatan tersebut, ada juga yang mengisi momen Ramadhan ini dengan menjalankan usaha. 

Benar bangetkan. Lihat deh yang ada di sekitar rumah saat sore hari dan waktu sahur. Ada banyak penjaja makanan baru yang bermunculan. Ya, pedagang dadakan. Mereka ingin mencoba peruntungan di bulan Ramadhan ini. 

Akan ada banyak kebutuhan setelah bulan Ramadhan berlalu. Saat lebaran menyiapkan makanan spesial untuk keluarga mulai dari ketupat, opor, rendang sampai kue kering. Kemudian pergi bersilaturahmi ke sanak keluarga juga memberikan angpao. Ditambah mengadakan liburan di hari raya ke tempat wisata yang diinginkan.

Nah, kebayangkan berapa banyak pengeluarannya. Ide kreatif di bulan Ramadhan yang dilakukan nantinya bisa terus berlanjut di hari selanjutnya. Terus dikembangkan lebih baik lagi hingga jadi usaha tetap dengan penghasilan yang menjanjikan.     

Hikmah-Ide-Kreatif-di-Bulan-Ramadhan-Jadi-Kegiatan-Rutin

Kegiatan Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadhan

Menikmati waktu Ramadhan yang begitu cepat berjalan memang tidak terasa. Detik yang berjalan cepat banget. Terlebih bagi para ibu termasuk saya yang aktivitasnya lebih banyak di rumah. Dini hari hingga tidur malam dipenuhi dengan aktivitas rumah tangga. 

Memberatkan? Sedikit karena waktu istirahat memang perlu disiasati dengan baik. Jaga stamina tetap bagian penting untuk maksimal menjalankan rutinitas. Dibalik itu juga menyenangkan karena anak-anak lebih banyak libur dan kegiatan di dapur juga lebih santai.  

Ide-Kreatif-di-Bulan-Ramadhan-Bikin-Tambah-Semangat

6 Kegiatan Ramadhan yang Berkesan dan Bermanfaat 

Bulan Ramadhan selalu dinantikan umat Muslim. Karena bulan tersebut berbeda dari bulan lainnya. Bulan istimewa dan spesial dengan aktivitas yang berbeda juga. Beberapa kegiatan bulan Ramadhan yang bermanfaat dan berkesan, yaitu :

1. Menyambut Ramadhan

Saat sebelum pandemi datang, jelang berpuasa Ramadhan anak-anak akan pergi berkeliling dengan membawa opor. Pawai obor ini bikin anak-anak tambah semangat menyambut Ramadhan. Mereka mencari batang bambu untuk dijadikan obor dan pawai dilakukan setelah salat Maghrib. 

Pawai obor tidak bisa dilakukan lagi saat pandemi menerpa. Entah sampai kapan akan hibernasi. Aktivitas pengganti yang dilakukan anak-anak adalah membuat poster Marhaban ya Ramadhan yang melibatkan orang tua. 

Membuat desain gambar, mengkreasikan dan mewarnai poster. Bonding yang menyenangkan. Bagaimanapun hasil akhirnya tetap menjadi kebanggaan karena dibuat dari hasil tangan sendiri dengan penuh kreatifitas.    

Baca juga :

2. Membaca Buku

Membaca buku bisa menambah wawasan tentang apapun, meningkatkan kosakata dan menambah keilmuan yang kita miliki. Ada banyak pilihan buku yang bisa kita baca selama bulan Ramadhan.  

3. Bagi-bagi Takjil

Indahnya berbagi memang bisa dilakukan kapanpun dan momen Ramadhan tidak dilewatkan begitu saja. Menyiapkan makanan, mengemas dan membagikan takjil kepada orang-orang di sekitar yang membutuhkan.  

4. Belajar Mengaji dan Menghafal Al Quran

Ramadhan adalah bulan Al Quran. Bulan turunnya Al Quran yang menjadi petunjuk dalam menjalani kehidupan ini. Detik per hari yang dijalani diusahakan semaksimal mungkin dapat bersama Al Quran, baik dengan membaca, mengkaji dan menghafalkan ayat-ayat-Nya.  

5. Khataman Al Quran

Ramadhan bulan ibadah. Di bulan ini umat Muslim tidak hanya menjalankan ibadah berpuasa saja, tetapi juga memaksimalkan ibadah lainnya. Salah satunya memiliki target untuk mengkhatamkan bacaan Al Quran. Sehingga ada yang berhasil khatam beberapa kali dalam sebulan berpuasa.  

6. Bersilaturahmi

Tak lengkap hari raya tanpa bersilaturahmi. Berkeliling ke rumah sanak keluarga untuk saling memaafkan. Bertemu dan kumpul keluarga yang membuat keakraban satu sama lain saling terjaga. Bersilaturahmi akan mempererat tali persaudaraan, menambah rezeki, dan memperbanyak relasi.  

Penutup

Ide kreatif di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Aktivitas yang nantinya bisa memberikan manfaat untuk kita dan berusaha memanfaatkan waktu berpuasa dengan sebaik mungkin. 

Meskipun Ramadhan hanya berlangsung selama sebulan, tetapi hasilnya bisa terus dirasakan dan dapat terus dilakukan secara konsisten di bulan-bulan selanjutnya. Semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang mampu memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sepenuhnya. Aamiin. 

Salam,

#BPNRamadan #Hari-9

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *