Arti-Ngabuburit-Dalam-Bahasa-Sunda-&-Tempat-Asik-Ngabuburit

Arti Ngabuburit Dalam Bahasa Sunda & Tempat Asik Ngabuburit

Arti ngabuburit dalam bahasa Sunda sebenarnya sudah banyak yang tahu. Namun masih ada juga lho yang belum paham apa dan bagaimana sebenarnya kata ngabuburit itu. Padahal kata ini sudah sangat familiar dalam bahasa kita sehari-hari. 

Meminjam kalimat, tak kenal maka tak sayang, kita kenali bersama yuk tentang kata tersebut. Jadi saat pengucapan atau diminta penjelasannya sudah tidak bingung lagi alias mampu menguraikannya dengan baik dan benar. Hiks bisa aja ya.

Arti Ngabuburit Dalam Bahasa Sunda & Ide Ngabuburit

Wikipedia menjelaskan bahwa menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), ngabuburit adalah lakuran dalam bahasa Sunda dari ngalantung ngadagoan burit artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. 

Berdasarkan kata dasarnya, burit, yang berarti sore hari. Waktu sore biasanya antara usai salat asar hingga sebelum matahari terbenam. 

Ini-Dia-Arti-Ngabuburit-Dalam-Bahasa-Sunda

Ide Tempat Ngabuburit yang Asyik

Ramadhan seperti saat ini, kata ngabuburit sering dilontarkan dan cukup populer di seluruh Indonesia. Nah, ada beberapa ide tempat ngabuburit yang asyik untuk dikunjungi, antara lain :

1. Masjid

Saat awal mengalami masa pandemi, suasana di masjid terasa sunyi. Salat wajib dan tarawih lebih disarankan untuk dilakukan di rumah masing-masing. Namun kondisi saat ini sudah berubah. 

Ibadah sudah bisa dilakukan kembali dalam masjid, tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan. Ngabuburit pun sudah bisa dilakukan dan biasanya masjid menyediakan takjil untuk berbuka.  

2. Melakukan Olahraga Sore

Tubuh yang sehat tidak hanya akan membuat kita merasa bugar, tetapi juga meningkatkan imunitas tubuh. Melakukan olahraga sebelum berbuka puasa dengan jalan santai di sekitar lingkungan rumah atau ke taman kota yang dekat dengan keberadaan kita. 

3. Berburu Takjil

Setelah adzan Ashar berkumandang, penjaja takjil akan mulai menggelar jajanannya. Bagi kamu yang belum mendapatkan ide ingin berbuka dengan makanan apa, maka berburu takjil akan membantu. 

Asal jangan bingung memilih makanan yang akan disantap ya, hiks. Karena biasanya justru demikian. Aneka makanan dan minuman yang kita lihat sepanjang jalan membuat kita kesulitan menentukan pilihan. Fokus dengan satu atau dua jenis makanan saja yang sesuai dengan kebutuhan asupan kita. 

4. Walking Tour

Yaitu datang ke tempat yang kita inginkan seperti tempat kuliner, tempat wisata terdekat atau ke taman kota. Menikmati suasana alam yang menyegarkan atau melihat matahari tenggelam (sunset). Akan memberikan penyegaran bagi tubuh dan memberikan inspirasi. 

Pahami-Arti-Ngabuburit-Dalam-Bahasa-Sunda-yang-Sebenarnya

Ngabuburit di Rumah Tetap Produktif

Arti ngabuburit yaitu bersantai sambil menunggu waktu sore tiba dapat dilakukan di mana saja. Di rumah pun bisa melakukan banyak aktivitas. Membuat takjil, mengaji, mendengarkan kajian, membersihkan rumah dan aktivitas lainnya.  

Terlebih bagi para ibu yang aktivitasnya tidak ada ketetapan waktu alias dilakukan sepanjang hari. Momen Ramadhan tetap berusaha untuk dimaksimalkan dengan ibadah dan membuatkan sajian yang enak untuk keluarga tercinta. 

Aktivitas yang bisa dilakukan saat waktu ngabuburit agar tetap produktif antara lain :

  • Mencoba resep baru
  • Melakukan me time
  • Mengaji atau baca buku
  • Belajar skill baru
  • Melakukan ibadah Ramadhan

Penutup

Arti ngabuburit dalam bahasa Sunda ini sudah sangat familiar bagi kita semua. Kata yang sering diucapkan saat Ramadhan dengan tujuan ingin mengisi waktu jelang berbuka puasa. Mulai dari berburu takjil, mengikuti kajian, membuat takjil di rumah dan aktivitas lainnya. 

Nikmati waktu saat Ramadhan dengan berbagi aktivitas memang membuat  waktu  terasa cepat dan tidak dirasakan. Semua kegiatan yang dijalani dilakukan dengan sepenuh hati sehingga kita menjalankannya dengan ringan dan santai. 

Sharing donk, dimana tempat ngabuburit yang jadi kesukaanmu?

Salam 

#BPNRamadan #Hari-3

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *