Self Love Untuk Kekuatan Diri

Self Love Untuk Kekuatan Diri Sendiri

Ħăi … Siapa, sih yang tidak sayang dengan dirinya sendiri. Ya, self love untuk kekuatan diri sendiri. Sebenarnya seberapa penting kita menyayangi diri sendiri dan apa yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kondisi tersebut? 

Setiap insan tentu punya caranya sendiri. Apa dan bagaimana kita mengoptimalkan diri sendiri agar tetap bisa menikmati dan menjalani kehidupan ini dengan penuh senyum dan semangat. Ada kalanya apa yang kita lakukan juga menjadi kekuatan saat diri merasa lemah atau tergoda dengan kondisi yang ada di sekitar kita. Oooo … Tentu saja godaan akan selalu ada dimanapun dan kapanpun. 

Self Love Untuk Kekuatan Diri Sendiri

Hidup adalah pilihan. Tak ada yang bisa lepas dari permasalahan kehidupan. Masalah atau ujian akan datang silih berganti dan kita membutuhkan kekuatan diri saat menghadapi semua yang terjadi. Self love untuk kekuatan diri menjadi penting adanya. 

Self love, mencintai diri sendiriSelf love, mencintai diri sendiri. Saat semua godaan dan ujian datang menerpa, kita akan berusaha kuat dan tegar menghadapinya. Mampu menyelesaikan ujian demi ujian dengan kepala dingin, hati lapang dan pikiran yang jernih. 

Apakah self love hanya berfungsi saat kita menghadapi masalah saja? Tentu tidak. Saat kondisi apapun kita tetap dapat menempatkan diri sebaik mungkin. Tidak hanya mempunyai keyakinan dan kepercayaan diri, tetapi juga kebahagiaan pribadi.   

Arti Penting Self Love

Apa sih, sebenarnya makna dari self love? Self love adalah bagaimana kita bersikap untuk menghargai diri sendiri. Setiap insan tentu punya cara masing-masing dalam membahagiakan dirinya. 

Misalnya saat bersedih, ingin berpetualang ke tempat yang bisa memberikan inspirasi. Ketika letih, hal yang paling disuka adalah makan makanan kesukaan. Bisa juga saat bahagia ingin selalu berbagi dengan orang di sekitarnya. 

Bentuk apapun yang dilakukan, self love untuk kekuatan diri kita. Apa ini bentuk dari mementingkan diri sendiri atau egois? Oh, no. Self love merupakan cara kita membahagiakan juga memperlakukan diri sendiri, bukan berarti egois yang merupakan bentuk ketidakpedulian dengan sesama atau sekitarnya.     

Manfaat Self Love

Self love mempunyai manfaat yang besar, salah satunya dapat meningkatkan semangat kehidupan. Cara kita untuk menjaga kesehatan mental. Jadi bisa bye bye insecure. Perubahan kondisi, masalah yang terus datang silih berganti, tidak dipungkiri membuat kondisi kita menjadi melemah, bahkan terkadang terpuruk tak berdaya. 

Loving yourself isn’t vanity. It’s sanity.” ~ Katrina Mayer

Kenapa? Karena merasa ujian yang datang begitu berat, atau timbul rasa kurang percaya yang berlebihan. Bila kondisi ini terus dibiarkan maka akan membuat kondisi mental kita menjadi semakin menurun dan melemah. 

Masalah belum terselesaikan, kemudian kondisi mental menurun. Semua menjadi tidak karuan, lalu bagaimana menyikapi kondisi ini? Tenangkan diri dengan melakukan self love untuk kekuatan diri sendiri. Mungkinkah bisa segera teratasi? Bisa, selagi kondisi mental dan fisik kita dalam kondisi sehat. Nantinya kita akan mampu menentukan keputusan yang terbaik. Berpijak pada kekuatan dan keyakinan diri yang mantap.    

Self Love Psikologi

Deborah Khoshaba Psy.D, menjelaskan bahwa self love merupakan bentuk apresiasi terhadap diri sendiri dan bersifat dinamis, karena kondisinya disesuaikan dengan tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologi dan spiritual, yang menjadi pembentukan sikap kedewasaan seseorang. 

“Lakukan saja apa yang menurutmu bisa berhasil, karena orang akan selalu berpikir dengan caranya yang berbeda.” ~ Michelle Obama 

Sebagai Muslim self love merupakan bentuk cinta kita kepada Allah Swt. Bagaimana cara melakukannya? Yaitu dengan menjaga keadaan diri sendiri dengan baik-baiknya, misalnya dengan selalu menjaga kebersihan diri (merawat tubuh sebaik mungkin), menjaga asupan makanan sehari-hari agar tetap sehat dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. 

Self Love PsikologiLarry Cappel, M.A, psikoterapis asal Denver, Amerika, menyatakan bahwa seorang perempuan perlu tahu bagaimana caranya mencintai diri sendiri tanpa syarat agar bisa terus memancarkan dan berbagi rasa cinta dengan orang di sekitarnya. 

Tahukan bagaimana peran seorang perempuan? Aha… bener banget. Perannya nggak sesimpel seperti dibayangkan, tetapi panjang dan perlu ekstra sabar. Halau godaan yang datang dengan tegar.

Cara Mempraktekan Self Love dalam Kehidupan Sehari-hari

1.Melakukan Me Time

Apa sih, yang bikin kamu benar-benar bisa menikmati hari? Melakukan me time meskipun hanya beberapa menit, bisa bikin energi bertambah dan tersenyum indah. Smile.

2. Kuat dan Tidak Menyalahkan Diri Sendiri

Buat apa menyalahkan diri sendiri. Nantinya membuat hati jadi sakit dan sedih. Menyesal boleh, tetapi bukan berarti menjatuhkan diri sendiri. Faktanya setiap kesalahan yang kita perbuat nantinya bisa dievaluasi. Kalau salah bisa diperbaiki, jika kurang lurus bisa diatur ulang lagi. Hasilkan tidak selalu sempurna. 

3. Berani Bilang ‘No’

Setiap diri punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau kita memang tidak sanggup melakukan, jangan ragu bilang ‘tidak’. Misalnya hari ini ada kita berniat untuk melakukan me time, tetapi ada teman yang mengajak jalan. ‘Say no’ dengan halus dan tegas agar niat kita bisa benar-benar bisa dijalankan. 

Menyayangi diri sendiri berarti tidak memaksakan suatu kehendak. Mau mengakui mana yang bisa saya lakukan dan berani menolak keinginan yang memberatkan diri. Berikan kesempatan pada orang lain untuk melakukannya.

4. Puji Diri Sendiri

Buatlah bangga dengan mengakui keberhasilan yang sudah dilakukan, bisa dengan memberikan reward yang menjadi kesukaan kita. Misalnya makan coklat kesukaan, beli suatu yang kita inginkan atau pergi ke tempat yang disuka. 

5. Awali Hari dengan Senyuman

Senyum itu menyegarkan dan bisa menambah aura membahagiakan bagi tubuh. Mengawali hari dengan sebuah kebaikan akan membuat tubuh jadi lebih bersemangat. Senyum pada orang yang kita kenal dengan perasaan tulus dari hati. 

6. Menjaga Asupan Makanan yang Sehat

Asupan makanan sehari-hari akan mendukung kondisi kesehatan kita. Buat pengaturan makanan yang jelas dan istikamah agar hasil yang didapatkan sesuai harapan. Terlalu membiarkan tubuh mengonsumsi apapun akan membuat timbunan energi yang berlebihan, alhasil lambat laun  bisa memberikan dampak yang kurang menyenangkan.

7. Lakukan Olahraga

Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan kita, seperti melakukan jalan santai, senam ringan, yoga, atau bersepeda. Tentukan kapan waktunya dan berapa lama olahraga tersebut dilakukan. 

Self Love dalam Kehidupan Sehari-hari8. Kegiatan yang Menyenangkan

Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dipilih sesuai keinginan juga kemampuan kita. Untuk alasan ini, kita akan meluangkan waktu lebih banyak, karena merupakan kegiatan yang disuka. Membaca, memasak, traveling, photography, menulis, berkebun atau kegiatan lain yang membuat kita nyaman melakukannya.  

9. Traveling

Selanjutnya meluangkan waktu sesaat untuk relaksasi akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Traveling bisa dilakukan dimanapun, termasuk yang jaraknya dekat dari rumah. Selain untuk menyegarkan kondisi tubuh juga bisa memberikan inspirasi. 

10. Cintai dan Sayangi Orang Disekitar Kita

Sejujurnya rasa kasih dan sayang akan membuat kita semakin dicintai oleh orang yang ada disekitar kita, baik orang dewasa dan anak-anak. Sentuhan kasih sayang yang tulus akan memberikan ketenangan dalam hati dan kita akan terus belajar melakukan suatu hal dengan tulus ikhlas. 

11. Berbagi dengan Sesama

Kehidupan yang kita jalani tentu akan selalu bersama dengan orang-orang yang ada disekitar kita, baik dikenal ataupun tidak kehadiran mereka tetap berarti. Berbagi sedikit kebaikan kepada mereka tentu tidak akan membuat kita menderita, tetapi sebaliknya akan memberikan berlipat kebahagiaan. 

“Ketika kau berbagi dengan orang lain sebagian dari apa yang kau miliki, apa yang tersisa akan berlipat ganda dan terus tumbuh.”  ~ Napoleon Hill

12. Bekerja dengan Hati

Setiap pekerjaan membutuhkan effort yang tidak sedikit. Meskipun begitu ada juga yang melakukannya hanya sekadar menunaikan tugas, kemudian selesai dan pulang. Berbeda halnya jika kita melakukan sesuatu pekerjaan berdasarkan hati, karena dengan niat ini hasilnya akan dapat lebih dirasakan oleh yang lain dengan sepenuh hati juga.  

13. Terus Memotivasi Diri

Setiap diri tentu ingin bisa mencapai apa yang menjadi harapannya, tanpa terkecuali. Namun bagaimana kita bisa mendapatkan hasil yang diinginkan jika tanpa melakukan usaha dan mau terus berupaya semaksimal mungkin. Tentu dibutuhkan motivasi diri yang kuat untuk melakukannya dan bertawakal. 

14. Nikmati Waktu Istirahat

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Setelah melakukan aktivitas seharian, tentu tubuh perlu memerlukan tambahan energi. Lebih dari itu, organ tubuh juga perlu rehat sejenak. Faktanya orang dewasa membutuhkan waktu istirahat sekitar 7-9 jam sehari.    

Self love untuk kekuatan diri 15. Kenali Kelebihan dan Menerima Kelemahan Diri

Terlalu menutupi kelemahan diri dan tidak mau berkembang karena kelemahan tersebut akan membuat kita semakin jauh tertinggal. Sebaliknya, menggali terus kemampuan yang dimiliki dan belajar memperbaiki kelemahan yang dimiliki akan membuat kita maju dan berani. 

“Kalau hanya fokus kepada kelebihan orang lain dan kelemahan diri sendiri, kepercayaan diri kita sulit berkembang. Maka fokuslah pada kekuatan sendiri.” ~ Andrie Wongso 

Penutup

Self love untuk kekuatan diri sendiri menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Berusaha melakukan suatu hal yang mampu membuat kita bisa lebih percaya diri dan menghargai apa yang sudah kita raih. Apa yang lebih berharga selain mencintai diri sendiri? Karena apapun yang terjadi diri kitalah yang bertanggung jawab sepenuhnya. 

Bukan merupakan sifat egois, tetapi berusaha memberikan bukti nyata bahwa keberadaan kita bisa benar-benar berharga. Lebih dari itu, kita pun ingin bisa memberikan manfaat untuk orang disekitar semaksimal mungkin tanpa memaksakan kemampuan diri. Setujukah? 

 

Salam,  

 

Share the article :

8 komentar untuk “Self Love Untuk Kekuatan Diri Sendiri”

  1. Ternyata untuk mempraktekkan Self Love ini sangat sederhana ya mba, kadang kita sebagai manusia yang bikin rumit.
    Karena Self Love terhadap diri sendiri sangat penting terutama tuk psikologi kita.

    Jangan sampai setelah terlambat baru menyadarinya, banyak yang menyalahkan diri sendiri atas sesuatu hal sampai menyiksa bahkan berhari – hari gak makan.

  2. Mbak, aku yang nomor 2 masih sering belum bisa melakukannya. Kayak masih merasa “kasian” padahal harusnya ya berani tegas bilang “NO” biar gak terbebani juga. Lainnya siy udah sering kulakukan apalagi travelling dan ‘ME TIME” dengan membaca buku hehehe.

  3. Aku setuju banget sama yang mbak tulis di sini. Kapan hari, aku juga dapat seminar parenting tentang self love juga. Aku kaya terhenyak gitu. Ternyata, menjaga kesehatan diri pun termasuk bagian dari self love. Kalau kita masih kosro artinya, kita nggak secinta itu sama diri sendiri.

    Di sisi lain, self love juga tentang penjagaan diri kita untuk menjauh dari apa yang Allah nggak suka. Ya karna maunya dapat tempat terbaik di sisi Allah ketika pulang nanti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *