Apa Itu Kolesterol, Bahayakah Bagi Tubuh

Benarkah Kolesterol Berbahaya Bagi Tubuh

Ђคll๏ … Jantung merupakan organ tubuh yang sangat berharga. Berdasarkan data statistik dunia, sekitar 9,4 juta kematian disebabkan karena penyakit jantung. WHO pun memperkirakan jumlah penderita akan terus meningkat hingga mencapai 23,3 juta di tahun 2030. Kesehatan jantung berkaitan dengan kadar kolesterol dalam darah. Benarkah kolesterol berbahaya bagi tubuh?

Benarkah Kolesterol Berbahaya Bagi Tubuh

Kolesterol merupakan zat alami yang dihasilkan tubuh dan sekitar seperempat kolesterol di produksi oleh hati. Berasal dari protein hewani, seperti daging, susu, dan produk olahannya. Jenis makanan ini tentu sudah menjadi bagian dalam pola makan kita sehari-hari. Rasanya sulit menghindarkan makanan tersebut, karena rasanya memang enak dan menggoda selera. 

Kandungan lemak sebenarnya juga bermanfaat untuk tubuh. Dapat menghasilkan energi yang penting untuk aktivitas kita sehari-hari, memproduksi hormon juga untuk menghasilkan vitamin D. Namun kadar tersebut menjadi berbahaya bila jumlahnya melebihi ambang batas normal. Akibatnya akan terjadi penumpukan dalam pembuluh darah sehingga mempengaruhi aliran darah yang mengalir. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung atau stroke. 

Gejala Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tidak selalu menimbulkan gejala. Sehingga penyakit yang terjadi bisa terjadi secara mendadak. Pemeriksaan tes darah yang dilakukan secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan bila terjadi kondisi yang berbeda dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat. 

Kadar kolesterol normal adalah 160-200 mg. Melebihi ambang batas atau tinggi jika kadarnya lebih dari 240 mg. The American Heart Association menyarankan pemeriksaan kolesterol untuk usia lebih dari 20 tahun sebaiknya dilakukan rutin setiap 4-6 tahun. Semakin bertambah usia, kadar kolesterol akan semakin meningkat. 

Ada tanda-tanda khusus yang biasanya dirasakan oleh penderita yang mengalami kolesterol tinggi yaitu :

  1. Pegal atau terasa sakit di tengkuk kepala bagian belakang
  2. Pegal bisa sampai ke pundak.
  3. Mudah letih.
  4. Gampang mengantuk.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Apa penyebab kadar kolesterol meningkat dan benarkah kolesterol berbahaya bagi tubuh, antara lain :

1. Asupan makanan sehari-hari

Kandungan lemak yang berlebih didapatkan dari konsumsi lemak hewani, yaitu daging, santan, minyak, telur, mentega, susu dan produk olahannya seperti keju. Kandungan lemak jenuh memberikan pengaruh terhadap kadar lemak dalam tubuh. Jenis makanan yang mengandung lemak jenuh berasal dari olahan margarin dan makanan yang mengandung minyak.

2. Berat badan yang berlebih.

Berat badan yang diharapkan setiap insan adalah berat ideal. Namun tidak mudah membentuk sesuai keinginan tersebut. Berat badan yang berlebih akan meningkatkan trigliserida.

3. Tubuh kurang bergerak.

Gerak tubuh yang aktif akan membuat berat badan tetap terjaga dan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Disebabkan karena meningkatnya LDL (lemak jahat) dan menurunnya HDL (lemak baik).

4. Riwayat keluarga

Jika diketahui ada salah satu anggota keluarga yang mengalami kolesterol maka perlu berhati-hati. Penting menjaga kesehatan dari pola makan sehari-hari.

5. Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat menjadi meningkat, sedangkan kolesterol baik menurun.

Baca juga :

Asam Lambung Meningkat, Bagaimana Mengatasinya 

Siasati Kesibukan dengan Nutrisi Tepat

Penutup

Benarkah kolesterol berbahaya bagi tubuh? Kolesterol merupakan zat alami tubuh yang dapat membantu metabolisme. Namun kadar kolesterol yang berlebih dapat membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman. Untuk memastikan bagaimana kondisi kesehatan tubuh, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. 

Kadar kolesterol yang berlebih dapat mengakibatkan terjadinya penyakit jantung dan stroke. Penyakit ini tidak hanya dialami oleh kalangan usia senja saja, tetapi juga anak muda. Menjaga pola makan tentu menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan kita seoptimal mungkin.

 

Salam,

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *