Heatlh

Khasiat Sereh Bagi Tubuh Kita

Sereh (Sumber : Pixabay)


Bismillahirrohmanirrohiim.
Sereh umumnya digunakan untuk tambahan bumbu penyedap dalam racikan masakan yang akan kita buat. Misalnya untuk membuat soto. Namun, pernahkah mencoba sereh sebagai minuman herbal?  Untuk yang belum pernah mencoba mungkin akan terasa agak aneh dan membayangkan rasanya yang tidak enak, tapi benarkah sedemikian rasanya?

Tahukah bahwa teh sereh sudah menjadi minuman dan obat yang menyegarkan di negeri Panda, China. Namun, bagi kita minuman yang biasa di konsumsi setiap harinya adalah minuman mineral, bersoda, manis, dll. Untuk minuman yang berasal dari rimpang berupa hasil alam, bisa jadi lebih sering dikonsumsi oleh para orang tua saja, sebagai warisan leluhur yang terus dijaga hingga saat ini.

Tidaklah dipungkiri bahwa semakin hari tingkat kesadaran kita akan kesehatan semakin meningkat, hal ini membuat kita makin melek mata dengan apa yang kita konsumsi dan berusaha menjaga kesehatan sebaik-baiknya. Memahami bahwa tubuh membutuhkan asupan yang lebih baik, bukan hanya sekedar kenyang dan dapat bergerak melakukan aktivitas semata. Namun, berusaha terus agar kesehatan tubuh bisa optimal mulai dari usia muda hingga usia senja nantinya. Karena sehat itu sangatlah mahal.

Menjadikan sereh sebagai konsumsi sehari-hari juga menjadi salah satu resep Jurus Sehat Rasulullah yang digaungkan oleh dr. Zaidul Akbar. Maka sebelum mencoba, ada baiknya kita mengenal dahulu apa saja manfaat yang terkandung dalam sereh ini.
Kandungan Daun Sereh
Sereh memiliki kandungan zat gizi yang cukup lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak juga ada vitamin dan mineral didalamnya. Selain itu sereh juga memiliki sifat seperti antijamur, diuretik, antibakteri, antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan. Aroma yang khas dan menyegarkan menjadi salah satu keistimewaan sereh.
Sereh (Sumber : Pixabay)
Manfaat Sereh
Beberapa manfaat sereh bagi tubuh kita adalah :
1. Membantu menjaga saluran pencernaan
Pengobatan di negeri China untuk kondisi kembung, sakit perut, sembelit menggunakan racikan teh sereh. Adanya zat antimikroba yang terkandung dalam sereh mampu membantu menjaga fungsi kerja usus dan saluran pencernaan lain.
2. Mengandung antioksidan
Sereh memiliki kandungan antioksidan yang berperan untuk melawan radikal bebas dan racun yang ada dalam tubuh.
3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Sifat dari sereh salah satunya adalah diuretik, yaitu mampu membuang kelebihan air dan garam dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urin sehingga tekanan darah tingginya dapat menurun. Hal ini tentunya sangat membantu kondisi seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.
4. Menjaga kadar kolesterol tubuh
Sifat yang terkandung dalam daun dan akar sereh adalah anti-hiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia yang nantinya mampu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat. Yaitu dengan mencegah meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menaikkan kadar kolesterol baik.
Minuman sereh yang menyegarkan (Sumber : Pixabay)

5. Menyembuhkan pilek dan flu
Sereh memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga mampu meredakan gejala flu. Adanya kandungan vitamin C dalam sereh akan memperkuat kekebalan tubuh.   
Epilog
Sereh memiliki aroma yang sangat khas dan rasanya menyegarkan. Penggunaan yang kita kenal umumnya dalam menambahkan citaras di masakan sehari-hari. Namun, sebenarnya sereh dapat disajikan juga dalam bentuk minuman, seperti pengobatan China yang menggunakan sereh sebagai minuman tehnya yang hangat dan menyegarkan.

Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan mengkonsumsi hasil bumi yang ada di sekitar kita. Sereh salah satunya. Bisa kita coba konsumsi sebagai minuman yang menyegarkan. Cara pembuatannya pun mudah. Sereh dapat dipotong miring dahulu kemudian direbus, tanpa ada tambahan gula dan bisa juga ditambahkan dengan rimpang lainnya seperti jahe atau kunyit. Rasanya seperti teh tawar yang nikmat dan selanjutnya akan membuat kita ketagihan. Anda berani mencobanya?
     

Semoga bermanfaat.


Sumber :
jawapos.com
hot.liputan6.com  

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(10) Komentar

  1. Bahan JSR mba 😊

  2. mmm jadi pengen cobain

  3. Kalo aku buat pewangi masakan mama. Sereh tuh enak jdi toping tempe alright hehe

  4. Aku baru tahu manfaat-manfaat daun sereh , keren 😍

  5. Aku suka buat juga ini ditambah kayu manis aromanya jadi enak banget. Salken dari Valetta kak

  6. Betul banyak manfaatnya, jadi patut dicoba nih.

  7. Mantap juga nih.

  8. Enak dan patut dicoba.

  9. Betul Mbak. Yuk dicoba.

  10. Iya Mbak, enak dan segar ya.

    Salam kenal juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *