Meniti Karier Masa Depan

Meniti Karier Masa Depan Dan Menjaga Amanah

Ħăi … Bagaimana aktifitasmu hari ini? Meskipun kita masih dalam masa pandemi, pencapaian target tetap diusahakan ya. Pokoknya tetap terus semangat. Yes. By the way any way, apa sih target kamu dalam bekerja? Salah satunya meniti karier masa depan dengan penuh kesungguhan agar bisa terus berkembang dan jabatan beranjak naik. 

Meniti Karier Masa Depan

Salah satu pencapaian dalam hidup ini setelah melalui masa sekolah dan kuliah adalah bekerja. Ya, bisa mengembangkan ilmu dan pengalaman di tempat yang sesuai dengan passion kita. 

Namun ada juga lho, yang bekerja, tetapi tidak sesuai dengan background pendidikan. Hasilnya tetap maksimal karena mereka menekuni dan berusaha mencintai pekerjaannya dengan penuh kesungguhan. 

Meniti keberhasilan dengan mengoptimalkan hasil yang dicapai dan menjalin ikatan yang baik dengan orang yang mendukung kita, akan membuat sukses itu menjadi nyata. Memang semuanya akan berproses dahulu, dari karyawan biasa terus meningkat berada di posisi yang tepat dengan keahlian kita.

Bekerja akan membuat kita mendapatkan penghasilan secara rutin. Dibalik itu ada banyak manfaat juga yang kita raih, antara lain :

  • Tambah relasi, 
  • Teman-teman semakin banyak, 
  • Berani menjalankan tantangan, 
  • Menjadi jiwa bertanggung jawab, dan 
  • Skill terus terasah. 

Meskipun setelah bekerja kita merasa lelah, tetapi dengan banyaknya manfaat yang didapatkan  membuat diri jadi terus bersemangat dalam menjalaninya. Jarak tempuh yang jauh tidak jadi kendala. 

Menjalankan Amanah 

Amanah artinya jujur dan dapat dipercaya. Pekerjaan yang kita jalani merupakan bagian dari amanah. Kita mendapatkan kepercayaan untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan maksimal. Hasil yang kita dapatkan akan membuat perusahaan terus tambah maju dan kepercayaan pun meningkat. 

Meniti Karier

Apa jadinya jika kondisi yang terjadi adalah sebaliknya? Kita tidak menjalankan amanah dengan baik, bahkan justru merugikan pihak lain. Tentu akan ada konsekuensi dari apa yang kita lakukan tersebut. Bisa pemutusan kerja, timbul rasa ketidakpercayaan baik dari teman juga bos. Akibatnya merugikan diri sendiri kan. 

Teman saya sempat sharing tentang kondisi di tempatnya bekerja. Ada orang tertentu yang tidak melaksanakan tugasnya dengan amanah. Data-data rahasia yang merupakan milik perusahaan ada yang disebarluaskan. Tidak hanya satu atau dua data, tetapi ada puluhan data bahkan ada yang lebih dari itu. 

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedangkan kamu mengetahui.” (QS. Al-Anfal : 27)

Menjaga amanah memang bukan perkara mudah. Apalagi setiap niat baik selalu ada godaannya. Diri kita butuh kekuatan dan keyakinan diri agar tidak terjerumus dan membuat diri menangis. Memahami juga bahwa kita termasuk orang yang beruntung karena mendapatkan pekerjaan yang sebenarnya diperebutkan oleh banyak orang di luar saja. Jadi sebaiknya tidak disia-siakan kesempatan yang kita dapatkan.

Tak ada kata yang tidak mungkin selagi kita mempunyai keyakinan yang kuat. Apalagi kita benar-benar membutuhkan pekerjaan yang sekarang dijalani. Jika orang lain saja mampu melakukannya dan bekerja dengan maksimal, lalu kenapa meragukan diri sendiri. 

Segera ambil barisan untuk menjadi bagian dari perusahaan yang telah mendukung kemampuan kita. Bekerja untuk menggapai masa depan yang cemerlang, bukan untuk membuat diri menjadi terpuruk karena kesalahan yang kita perbuat.

Menjalankan Tugas Sebaik Mungkin 

Dalam sebuah pekerjaan sebenarnya bukan hanya kita yang bekerja. Ada orang-orang disekitar kita yang melakukan pekerjaan yang sama. Bekerja dengan berkolaborasi bersama teman yang lain, saling mendukung, bahu membahu dan membantu satu sama lain. Menyatukan satu demi satu pekerjaan yang kita lakukan kemudian akan dievaluasi. 

Memastikan bagaimana hasil kerja yang sudah dilakukan. Jika pekerjaan dilakukan sebaik mungkin dan amanah, maka hasilnya sesuai harapan. Bagaimana jika tidak amanah?Tidak dipungkiri jika ada kesalahan yang dilakukan seseorang bisa memberikan dampak bagi teman lainnya. Duh, sedih kalau ada yang tidak salah, tetapi kena imbasnya.  

Tidak dipungkiri jika ada kesalahan yang dilakukan seseorang bisa memberikan dampak bagi teman lainnya. Duh, sedih kalau ada yang tidak salah, tetapi kena imbasnya. 

Meniti karier masa depan tidak hanya untuk membantu kebutuhan diri kita sendiri. Tidak sedikit yang menjadi tulang punggung keluarga. Kebayangkan jadinya bagaimana kondisi orang yang kita sayangi jika mereka ikut merasakan dampaknya juga. 

Menjaga Amanah

Menjaga amanah dengan sebaik mungkin sebenarnya memberikan banyak manfaat untuk diri kita dan siapapun bisa melakukannya, dengan cara :

  1. Memilih pekerjaan yang dilakukan tidak melanggar hukum
  2. Memahami dengan baik apa saja tugas yang dilakukan
  3. Meniatkan diri untuk melakukan tugas sebaik mungkin
  4. Menanamkan pada diri sendiri untuk menjaga amanah sebaik mungkin
  5. Mampu memahami apa dampaknya jika tidak menjalankan amanah
  6. Meyakini bahwa Sang Khalik selalu mengawasi semua hamba-Nya
  7. Memahami manfaatnya jika kita bersikap amanah
“Jika engkau memiliki empat hal, engkau tidak akan rugi dalam urusan dunia, yaitu menjaga amanah, jujur dalam berkata, berakhlak baik dan menjaga harga diri dalam (usaha, bekerja) mencari makan.” (HR. Ahmad)

Baca juga : 

Penutup

Meniti karier masa depan, tentu dengan harapan bisa mencapai apa yang diinginkan. Sukses dalam pekerjaan yang dilakukan dan bisa membahagiakan orang-orang yang kita sayangi. Menjaga kepercayaan tentu menjadi bagian yang penting. Bukan sekadar untuk menjalin kepercayaan dengan teman juga atasan saja, tetapi juga untuk menguatkan jati diri kita. 

Mampu menjaga amanah dimanapun kita berada juga menjadi bagian penting dalam keseharian kita. Dilakukan pada siapapun yang kita kenal, tanpa pandang bulu. Ya, pada siapapun kita berusaha berperilaku dengan baik. Begitukan!

Salam,

Share the article :

9 komentar untuk “Meniti Karier Masa Depan Dan Menjaga Amanah”

  1. Sepakat banget sih mbak, kl kita mesti menjaga amanah setiap saat, setiap hari, dimana pun dan dengan siapapun.. Semoga ya, kita bisa selalu meniti karier yang lebih bagus dan juga bisa menjaga amanah supaya hidupnya damai dan tentram 🙂

  2. amanah itu memang kunci sukses juga, selain bekerja keras tentunya.
    jika bekerja tidak dibarengi rasa amanah itu akan ada aja celahnya.
    tapi jika kita yakin bahwa Allah akan selalu mengawasi kita dan menyertakanNya pada setiap usaha kita InsyaAllah dengan pertolonganNya pun kita bisa jadi sukses ya.

  3. Sepakat banget Mbak, yang paling mahal buat kita tu adalah trust dari orang lain. Karena sekali ja cela, bahayaaa.

    Dan salah satu tuk jaga trust orang ke kita adalah mampu menjaga amanah

  4. Meniti karier memang tak terpisahkan dengan yang namanya menjaga amanah. Sebab menjalankan suatu pekerjaan itu sendiri juga merupakan amanah yang harus kita jalani sebagai manusia.
    Semoga kita semua selalu bisa menjaga amanah baik dalam pekerjaan maupun perkara yang lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *