Hobi Biasa Jadi Istimewa

Hobi Biasa Jadi Istimewa dan Menghasilkan

Ħăiii … Setiap orang tentu punya kegemaran dengan kegiatan tertentu. Namun pernahkah membayangkan atau terpikirkan kalau kegemaran kita jadi spesial. Ya, hobi biasa jadi istimewa. Mungkin awalnya hanya menganggap biasa saja, tetapi terus ditekuni dan jadi kesukaan deh. 

Dari kisah orang yang sukses, mereka sebagian besar tidak pernah membayangkan akan jadi berhasil. Semua yang dilakukan dicintai dengan sepenuh hati. Bukan paksaan ataupun keterpaksaan.  

Hobi Biasa Jadi Istimewa

Apa sih hobi itu? Menurut KBBI hobi adalah kegemaran atau kesukaan yang kita lakukan di waktu senggang. Sesuai bangetkan dengan apa yang lakukan selama ini. 

Beberapa hobi yang kita tahu antara lain :

  • Olahraga
  • Memasak
  • Menulis
  • Traveling
  • Membuat kerajinan tangan
  • Berkebun
  • Fotografi
  • dan kegiatan lainnya 
  • Nah, kalau kamu hobinya apa nih? 

Seorang teman membuat status hasil masakannya. Fotonya menarik. Awalnya sih dia malas untuk share hasil masakannya. Pernah suatu hari ada teman yang mampir ke rumahnya terus nyobain masakan yang dia buat. Tanpa diduga jadi suka terus order. 

Sejak itu dia mulai memberanikan diri untuk share hasil masakannya, baik berupa cake, puding atau cookies. Status yang awalnya tidak begitu diperhatikan, perlahan membuahkan hasil. Banyak yang suka, penasaran dan akhirnya coba membeli. 

Kegiatan ini terus ditekuninya. Meskipun di awal dia mengaku tidak pandai memasak, tetapi sekarang dia berusaha memaksimalkan kemampuannya untuk terus belajar dan mengupgrade diri. Berharap hasil masakannya bisa terus enak dan laris manis.  

Secara tidak langsung saya jadi banyak belajar. Salut sama keberanian dan ketekunannya. Meskipun awalnya tidak percaya diri, tetapi sekarang usahanya sudah membuahkan hasil yang membahagiakan. 

Hobi Jadi Istimewa

 

Mengembangkan Hobi

Dari beberapa literatur yang saya baca, kunci untuk mengembangkan hobi adalah keberanian untuk menentukan pilihan, tekun dan terus berusaha tanpa menyerah. Sebelumnya saya ulas mengenai pengembangan diri berdasarkan Grit.

Dari hobi yang kita jalani ternyata juga bisa menunjukkan bagaimana karakter juga lho. Saat wawancara biasanya hobi kita juga ditanyakan untuk tahu bagaimana sebenarnya karakter kita dan cocok tidak dengan pekerjaan yang akan kita jalani. 

Beberapa hobi yang biasanya terus dikembangkan untuk mencapai hasil yang maksimal antara lain :

Traveling

Kegemaran ini semakin hari semakin banyak peminatnya. Bisa melakukan perjalanan ke tempat yang disuka, foto tempat yang menarik atau mencari peluang bisnis. Dari kesukaan ini ada yang akhirnya menjalankan bisnis sebagai pemandu perjalanan, membuka usaha di tempat yang strategis seperti restoran, hotel, selain itu ada menjadi penerjemah. 

Menulis

Menekuni dunia menulis bisa menjadi self healing lho. Namun tidak hanya manfaat itu yang didapatkan. Dari para blogger yang berhasil, saya mendapatkan banyak gambaran bagaimana sebenarnya menikmati dunia satu ini. Tidak hanya sekadar mencurahkan isi hati melalui tulisan, tetapi juga bisa mengoptimalkan dengan membuat konten menarik dan bermanfaat. 

Tulisan yang dibuat bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki, misalnya ingin membuat genre fiksi atau nonfiksi. Kemudian dikembangkan. Misalnya dari tulisan fiksi membuat cerpen, novel atau cerbung. 

Tulisan nonfiksi bisa berupa essay, artikel atau opini. Untuk membuat tulisan yang berkesan untuk butuh latihan dan latihan. Semakin terus diasah maka kemampuan menulis akan menjadi lebih baik, karena nantinya akan berusaha membandingkannya juga dengan tulisan orang lain. 

Fotografi

Kemajuan dunia digital saat ini mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan sehari-harinya. Handphone yang canggih dan kamera dengan resonansi yang meningkat membuat hasil foto menjadi semakin menarik. Banyak untuk swafoto atau foto narsis kemudian di upload melalui sosial media. 

Hobi Traveling

Kemampuan mengambil foto dengan hasil yang bagus tentu menarik minat banyak orang. Ada yang hasil jepretannya terbeli dengan harga tinggi atau diminta oleh seseorang untuk membantu acara tertentu sebagai fotografi. 

Baca juga : 

Penutup

Hobi biasa jadi istimewa jika terus dikembangkan dengan penuh kesungguhan. Masih banyak hobi lain yang bisa menjadi bagian berharga dalam kehidupan. Kegiatan yang awalnya hanya dilakukan saat senggang kemudian berubah menjadi aktivitas yang menguntungkan. Memberikan nilai tambah sehingga membuat kita semakin semangat menjalaninya. 

Nah, apapun kegiatan kesukaanmu saat ini, coba deh terus dinikmati dengan sepenuh hati. Siapa tahu nantinya kamu bakal makin cinta dan bisa memberikan nilai berharga. Tentunya berusaha terus mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat ya. Semangat terus menekuni hobi ya… . 

Salam,

Share the article :