Lifestyle

Intip, Sajian Istimewa Saat Berbuka Puasa

Assalamualaikum … Bagaimana kabar puasa Ramadhannya? Menikmati masa berpuasa tentu tidak bisa dilepaskan dari sajian berbuka yang selalu disiapkan jelang berbuka puasa ya. Mulai dari menu yang praktis sampai menu padat yang membuat kita lebih berenergi lagi.

Makanan apa sih yang biasanya kamu suka saat berbuka? Sajian yang manis dan segarkan! Bisa kurma, kolak atau minuman dingin. Nah, biasanya sih jelang berbuka, ada tradisi ngabuburit, itu lho jalan-jalan sambil menunggu bedug azan maghrib. Bisa sekedar cuci mata atau mencari sajian berbuka yang mungkin belum disiapkan di rumah atau tergoda saat melihat makanan yang di jual. Namun, kondisi pandemi saat ini, membuat kita membatasi diri untuk tidak melakukan ngabuburit. Jadi menyiapkan semua sajian sendiri deh di rumah.

 

Menu praktis

Buat saya dan keluarga, saat berbuka ataupun sahur, ada satu buah yang kami santap untuk menambah energi, yaitu kurma. Rasa manis yang terkandung dalam kurma adalah alami, mengandung fruktosa dan menambah kenikmatan tersendiri. Ada banyak khasiat dan jenis buah kurma yang perlu kita ketahui dari buah ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud)

 

Minuman dan makanan pembuka

Sebelum menyantap sajian berbuka yang sudah disiapkan, hendaknya kita berdoa dahulu. Meskipun rasanya sudah tidak sabar ingin segera berbuka, tetapi ada baiknya hal ini tidak di tinggalkan. Ada faedah yang bisa didapatkan dengan membaca doa berbuka puasa.

Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzholimi.” (HR. Tirmidzi)

Saat berpuasa, rasanya tuh kalau lihat makanan yang menarik, kita langsung tergoda, ini mau itupun juga mau. Aduh jadi bingung deh. Kenapa tergoda sama semua makanan yang dilihat. Inilah godaan saat berpuasa. Padahal saat berbuka, makanan yang kita sudah siapkan belum tentu akan sanggup kita habiskan semua. Saluran pencernaan tentu mempunyai batas daya tampung sendiri, dan tidak akan sanggup menampung semua asupan yang sudah kita niatkan untuk disantap. Nah, jadi mubazirkan kalau tidak habis.

Padahal sudah begitu nikmat jika saat berbuka dengan tegukan air yang segar dan menyegarkan, bisa dengan air putih saja, air teh hangat ataupun minuman dingin yang ditambahkan sirup penambah rasa. Kemudian dilanjutkan dengan makanan pembuka yang ringan dan umumnya dengan gorengan ataupun kolak. Usahakan tidak dalam jumlah banyak untuk santapan pembuka ini, karena akan ada ibadah selanjutnya yang akan dilakukan. Kalau terlalu kenyang nanti bisa memberatkan kita untuk melaksanakannya. Secukupnya saja ya.

 

Makanan padat dan camilan segar

Kapan biasanya menyantap makanan padat? Ada yang makan setelah salat maghrib atau salat tarawih. Semuanya disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing dan tetap menjaga kapasitas lambung supaya tidak terlalu penuh. Meskipun sudah makan padat, terkadang kita masih ingin makan camilan yang menyegarkan, bisa berupa snack ringan atau buah.

Setiap harinya selama bulan Ramadhan kita melaksanakan shaum atau puasa sehingga asupan nutrisi yang terserap oleh tubuh sebaiknya tetap terkontrol, baik kandungan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Adanya keinginan-keinginan terhadap berbagai jenis makanan dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Baca yuk :

Cinta Ramadhan saat pandemi

Menikmati pandemi bersama channel favorit

5 Tips jitu bersama keluarga saat pandemi

Makanan saat berpuasa tentu tidak jauh berbeda dengan menu keseharian kita. Karenanya meski kita berpuasa, asupan yang terserap dapat disesuaikan dengan tubuh dan tidak berlebihan sehingga tidak memberatkan kita saat melakukan ibadah. Perut yang penuh akan membuat kita mudah mengantuk dan tentu saja memberatkan fungsi pencernaan juga.

Sajian saat berbuka di mulai dengan asupan yang manis, baik dengan kurma, minuman hangat atau dingin kemudian dengan makanan ringan. Pemenuhan asupan nutrisi yang terus terjaga akan membuat tubuh kita tetap bugar dan asupan nutrisi terpenuhi dengan baik. Makanan apa yang kamu sesuka untuk berbuka puasa?

 

Salam.

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *