Lifestyle

Khasiat Infused Water

Helo … Apakah sahabat suka membuat infused water? Apa sih manfaatnya?
Bila kita perhatikan semakin hari, jenis penyakit yang timbul semakin beraneka dan bahkan ada yang asing terdengar. Hal ini membuat kesadaran masyarakat akan kesehatan menjadi semakin bertambah. Salah satunya dengan semakin banyaknya orang yang menyukai infused water. Apa saja keuntungannya?
Apa itu infused water?
Infused water adalah air mineral yang ditambahkan potongan buah-buahan, sayur, juga rempah. Kebutuhan cairan tubuh dapat dipenuhi dengan minum air putih, juga dengan infused water ini. Apa sih nikmatnya infused water? Bila dibandingkan dengan air putih yang biasa kita minum, infused water ini sebenarnya jauh berbeda.
 
Adanya penambahan buah-buahan, sayur juga rempahlah yang membuat minuman ini menjadi berbeda dari minuman lainnya. Tidak ada penambahan gula, pewarna juga aroma. Semua yang terbentuk dari infused water ini adalah alami dan kita belum bisa merasakan nikmatnya jika belum pernah mencoba.
      
Manfaat infused water
Apa saja manfaat infused water, sehingga banyak yang ingin mencoba khasiatnya?
 
Berdasarkan informasi berbagai literatur, manfaat dari infused water antara lain :
1. Menjaga metabolisme tubuh
Asupan vitamin dan mineral yang menyatu dalam air, akan membantu metabolisme tubuh.
 
2. Melancarkan saluran pencernaan
Asupan cairan yang mencukupi akan membantu melancarkan saluran pencernaan, sehingga mengurangi risiko susah buang air besar.
 
3. Antioksidan
Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah-buahan merupakan zat antioksidan yang penting untuk tubuh, yaitu dapat menangkal radikal bebas. Buah yang umumnya digunakan sebagai infused water memiliki kandungan vitamin C seperti jeruk, strowberry, lemon, kiwi, apel dan lainnya.
Antioksidan (Sumber : Pixabay)
 
4. Menurunkan berat badan
Ahli gizi dari Mayo Clinic Healthy Living Program, Jason Ewoldt, RDN, LD, menyetujui anggapan bahwa lemon adalah buah rendah kalori dan baik untuk mengontrol kalori jika Anda berniat menurunkan berat badan.
 
5. Menambah asupan cairan tubuh
Kebutuhan cairan tubuh dalam sehari sekitar 2,5 liter dan dengan konsumsi infused watermaka asupan cairannya menjadi lebih optimal lagi. Tidaklah mudah minum air dalam jumlah cukup setiap harinya. Karena sering kali kita minum disaat kondisi haus saja, sehingga bila di hitung, jumlah cairan yang masuk belum tentu dalam takaran yang cukup dibandingkan dengan cairan yang keluar.
 
Infused water bisa menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, karena memberikan citarasa tersendiri. Inilah kelebihan yang dirasakan dari konsumsi infused water, pembuatannya alami dan tidak ada penambahan rasa, aroma juga warna. Citarasnya juga disesuaikan dengan buah, sayur atau rempah yang dimasukkan dalam air tersebut.
Bagaimana cara membuat infused water?
Membuat infused water cukup mudah dan bisa dilakukan setiap harinya. Untuk pemilihan buah atau rempah dapat disesuaikan dengan keinginan.
– Siapkan air sekitar 600ml.
– Buah yang diinginkan seperti stroberry dan daun mint sudah di cuci bersih dengan air matang. Potong buah dengan ukuran sedang.
– Gunakan botol kaca atau botol yang aman digunakan (BPA Free).
– Tuangkan air yang sudah disiapkan ke dalam botol, kemudian tambahkan buah juga daun mint.
– Diamkan beberapa jam dalam lemari pendingin atau suhu ruang sekitar 6 jam.
– Nikmati kesegaran infused water yang telah dibuat.
Penuhi asupan cairan (Sumber : Pixabay)
Menjaga asupan cairan tubuh tentu menjadi hal yang sangat penting. Banyaknya aktivitas yang kita lakukan sehari-hari membuat cairan dalam tubuh berkurang dan harus segera digantikan agar tidak terjadi dehidrasi. Infused water menjadi pilihan untuk memenuhi asupan cairan sehari-hari. Citarasanya alami yang didapat dari buah, sayuran juga rempah.
 
Konsumsi infused water adalah bagian dari usaha kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehat adalah penting dan untuk menjaganya membutuhkan kesungguhan niat dan tekad yang kuat. Banyak ujian yang menghadang didepan mata, berupa makanan yang menggiurkan dan minuman segar dengan berbagai warna menarik. Namun, semua godaan itu mampu dihalau dengan itikad ingin menjaga kesehatan tubuh sejak dini.
 
Setelah merasakan nikmatnya infused water, selanjutnya adalah konsisten dan terus menjaga pola hidup sehat. Agar hasil konsumsi infused water semakin dirasakan, kita juga harus menerapkan hidup sehat yang lain, seperti olahraga rutin, istirahat yang cukup dan hindari stres.
 
Semoga bermanfaat,
 
 
Sumber :
hellosehat.com
 

 

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *