Lifestyle

Love Your Body

Love Your Body (Sumber : Freepik)


Bismillahirrahmanirrahiim.
Alhamdulillah, saya dapat menikmati kajian yang disampaikan oleh Ustd. Zaidul Akbar beberapa hari yang lalu. Sudah pernahkah sahabat mendengar atau membaca mengenai resep JSR yang beliau sampaikan. Jurus Sehat Rasulullah.
Ya, isinya bagaimana menjalani kehidupan yang Allah SWT berikan dengan menjalankan resep sehat ala Rasulullah. Berikut paparan yang beliau sampaikan saat kajian :

Mengikuti sunah Rasul
Nabi Muhammad SAW adalah panutan umat Muslim, baik dalam beribadah, bermuamalah dengan sesama dan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu kebiasaan yang Rasul lakukan adalah menjalankan puasa sunah.

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), ‘Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.’” (HR. Muslim, no. 1151)

Puasa sunah yang dilakukan Rasulullah diantara puasa Senin Kamis. Dari sekian manfaat puasa, salah satunya adalah dapat menjadi detoks, mampu membersihkan racun dalam tubuh.  

Pada dasarnya tubuh mampu mengeluarkan racunnya sendiri yaitu melalui peran organ hati dan ginjal, seperti dalam bentuk keringat, buang air kecil dan buang air besar. Namun, dengan semakin banyaknya asupan sehari-hari maka dengan melakukan puasa sunah secara rutin akan mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Saat berpuasa, berbagai macam racun yang tersimpan dalam lemak akan terpecah dan di metabolisme tubuh untuk dikeluarkan sehingga tidak mengendap dan memberatkan fungsi kerja tubuh.
  
Menjaga asupan makan
Menjaga asupan makanan (Sumber : Pixabay)
Pentingnya menjaga asupan makanan yang dikonsumsi tentu bermanfaat untuk melindungi kesehatan diri. Makanan dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan jumlah tertentu. Namun, banyaknya godaan membuat kita justru lebih sering mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan dari kebutuhan.

Menurut Ustd. Zaidur,” lapar adalah kontrol pertama kedisiplinan diri.” Yaitu saat lapar maka kita akan mengkonsumsi makanan, tapi berhentilah sebelum kenyang. Karena bila terlalu kenyang akan membuat kerja lambung menjadi lebih berat. Maka disaat waktu makan, makanlah dalam jumlah yang cukup dan minum air putih dalam jumlah yang dianjurkan. Untuk makanan selingan atau snack, akan lebih baik dengan konsumsi buah-buahan segar, karena kandungan vitamin dan mineralnya masih dalam kondisi utuh dan sangat dibutuhkan oleh tubuh.  

Selain menjaga asupan makanan, kita juga perlu memperhatikan waktu makan. Untuk makan malam ada baiknya tidak melewati bada Isya, agar hormon parasimpatis yang bekerja di malam hari ini dapat bekerja lebih optimal yaitu untuk mengistirahatkan organ penting tubuh dan menjaga saluran pencernaan.  

Nikmati kekayaan alam
Alam sudah memberikan banyak kekayaaannya untuk memenuhi semua kebutuhan hidup manusia. Hanya saja, karena mengikuti hawa nafsu, kita yang melupakan semua nikmat itu.

Hasil bumi berupa rempah memiliki banyak khasiat untuk tubuh, seperti mengurangi kerusakan sel-sel tubuh, mencegah terjadinya peradangan,juga sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas, dan masih banyak manfaat lain dari rempah. Jenis rempah yang dapat dikonsumsi sehari-hari seperti jahe, kunyit, kayu manis, sereh, dll.    
Penggunaan rempah tidak hanya dalam menambah citarasa di makanan saja, tetapi bisa coba dibuat minuman seperti membuat rebusan jahe, sereh, kunyit, kemudian ditambahkan madu. Minuman rempah ini bisa divariasikan setiap harinya, sehingga efek bagi tubuh bisa lebih dirasakan.
 

Selalu bersyukur dan menjaga amanah-Nya
Bersyukur atas semua nikmat (Sumber : Pixabay)
Alhamdulillah Allah SWT memberikan nikmat kesehatan pada semua umatnya, tanpa terkecuali. Hanya saja umatnya yang melupakan nikmat itu karena sibuk dengan semua yang menjadi keinginannya. Karenanya nikmat sehat memang sering melenakan. 
Saat tubuh memberikan sinyal seperti sakit, maka kita baru menyadari bahwa banyak kesalahan yang sudah dilakukan, seperti tidak menjaga pola makan dengan baik, apa yang di makan hanya mengikuti keinginan nafsu semata sehingga tidak terkontrol apa akan/sudah di konsumsi.

Penyakit yang muncul sebagian besar di pengaruhi oleh pola makan kita. Maka sudah selayaknyalah kita melakukan kontrol diri akan apa yang akan di konsumsi. Makanan tidak semata untuk pemuas lapar, tetapi mulailah mengevaluasi mana makanan yang layak di konsumsi dan tidak oleh tubuh. Berbagai jenis makanan memang semakin mudah didapat dengan bentuk dan variasinya yang menarik, sehingga menggoda mata untuk membelinya. Namun, kembali lagi, kesehatan tetap lebih penting di jaga.

Love your body. Cintailah tubuhmu dengan menjaga kesehatan dan mengontrol makanan merupakan bentuk rasa syukur kita akan semua nikmat yang Allah SWT berikan. Kehidupan merupakan amanah yang harus terus di jaga dengan sebaik-baiknya. Mengejar keinginan adalah penting, tapi hendaknya mampu menyelaraskan diri dengan menjaga kesehatan, agar impian yang diraih menjadi lebih nyata. Tentukan kita tidak ingin, jika saat usia muda menikmati semua yang diinginkan tanpa ada batasannya, kemudian di hari tua menerima imbas dari kesalahan masa muda tersebut. Pengalaman sekeliling menjadi hal yang sangat berharga dalam menjalani kehidupan ini. Insya Allah.
Semoga bermanfaat


Sumber :
– rumaysho.com
– sridianti.com

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *