Inspirasi

Adab Menjelang Tidur

Helo … Ada siang dan malam, siang untuk melakukan berbagai aktivitas, sedangkan malam saatnya untuk beristirahat. Berkumpul bersama keluarga, merilekskan tubuh setelah seharian beraktivitas dan menyegarkan suasana.
Ya, malam adalah waktunya beristirahat. Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan  menjelang tidur?
 
1. Membersihkan diri
Hal pertama dilakukan sebelum tidur adalah membersihkan diri, yaitu menggosok gigi dan kemudian berwudhu.
Sikat gigi sebelum tidur (Sumber : Freepik)
Kebayangkan, setelah kumpul dengan keluarga, kita ngantuk dan ingin segera istirahat, rasanya tuh ingin langsung tidur di kasur kesayangan, untuk sikat gigi pun berat, tapi eit, jangan sampai tidak dilakukan ya. Kenapa? Karena makanan yang menumpuk di gigi itu harus segera dibersihkan, di sikat agar tidak ada sisa yang menempel. Dampaknya jika tidak sikat gigi adalah membuat sisa makanan menempel pada enamel gigi dan tumpukkannya bisa menimbulkan terjadinya plak atau karang gigi.
 
Setelah gigi bersih, kemudian dilanjutkan dengan berwudu. Berwudu tidak hanya membersihkan organ tubuh saja, tapi juga mensucikan diri seperti layaknya kita ingin salat. Dari Al Baro bin Azib, Rasulullah SAW bersabda, “Jika engkai mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk salat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
2. Merapikan tempat tidur
Meskipun mata sudah tidak kuat menahan kantuk yang sangat, tapi sebaiknya bersihkan terlebih dahulu tempat tidur setelah seharian tidak digunakan agar saat tidur menjadi lebih nyaman dan bersih. 
3. Membaca doa
Berdoalah menjelang tidur dengan doa yang dianjurkan yaitu :
– membaca 3 surah pendek (surah An-Naas, Al-Falaq dan Al-Ikhas) sambil meniupkannya ke telapak tangan, kemudian basuhkan ke seluruh tubuh.
 
– membaca ayat kursi 
“Siapa yang membaca ayat Kursi sebelum tidur, maka ia akan terus dijaga oleh Allah dan terlindungi dari gangguan setan hingga pagi hari.”
(HR. Bukhari)
 
– membaca doa sebelum tidur
4. Berbaring menghadap ke kanan
 
“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” 
(Hr Al-Bukhari dan Muslim).
 
Setelah membaca doa, baringkan tubuh kita dengan menghadap ke kanan. Kenapa menghadap posisi kanan? Karena bisa membantu menjaga kerja jantung.     
Tidur dengan menghadap kanan (Sumber : Freepik)
 
5. Matikan atau redupkan lampu
Saat tidur lebih nyaman dengan lampu yang menyala atau mati, mana yang lebih baik? Bagi yang takut akan kegelapan, maka akan memilih tetap menyalakan lampu saat tidur. Namun, tahukah bahwa tidur dengan lampu menyala akan masa istirahat menjadi kurang nyaman. Karena tubuh sebenarnya memiliki sinyal kapan waktu malam dan siang juga mempengaruhi kerja hormon tubuh.
 
Apabila merasa kurang nyaman dengan mematikan lampu, maka ada baiknya coba di atur pancaran cahayanya, bisa dengan cahaya yang redup. Maka tidur akan menjadi lebih berkualitas.
 
Tidur merupakan bagian terpenting dalam menjaga kondisi tubuh. Setelah seharian bergerak aktif, tentunya saat istirahat menjadi hal yang dinantikan. Namun, tidur tidak hanya sekedar mengistirahatkan tubuh semata. Dalam Islam, tidur juga mempunyai nilai-nilai atau adab yang sebaiknya dapat kita lakukan.
 
 
Inilah indahnya Islam, yang memberikan arahan pada umatnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Saat tidur, kita tidak mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita. Tubuh bagaikan mati dan kita juga tidak tahu apa yang akan terjadi setelah kita tidur. Alangkah indahnya bila sebelum tidur kita dapat melakukan hal yang diajarkan Rasulullah SAW yang menjadi suri tauladan umat Islam.  
 
Semoga bermanfaat.
 
 
 
Sumber : rumaysho.com
    

 

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(2) Komentar

  1. Bermanfaat sekali Kak
    Semangat menginspirasi

  2. Terima kasih juga Kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *