Inspirasi

Mudik Lebaran, Yuk Lakukan Persiapan Sejak Dini

Freepik

Memasuki tahun yang baru, apa sih yang pertama kali ingin di lihat? Tentu waktu liburan dan mulai bertanya-tanya akankah mudik di tahun ini. Ups, sudah ingin mudik lagi nih. Rasanya tidak terasa ya, baru kemarin merayakan hari nan fitri bersama keluarga, ee sudah mau mendekati waktu lebaran lagi. Meskipun waktu terasa cepat, sebaiknya kita juga tidak terlena hingga lupa melakukan persiapan sejak jauh hari.

Jelang hari raya, banyak sarana transportasi yang sudah mulai di booking jauh-jauh hari, bahkan di tahun sebelumnya, saya sempat begadang demi mendapatkan tiket kereta api, meski hasilnya nihil. Memang ada beberapa perusahaan yang mengadakan mudik bersama dan ini sangat membantu sekali karena kita jadinya tidak akan ketinggalan moment hari yang membahagiakan itu. Nah, mumpung masih ada kesempatan nih, ada baiknya kita melakukan persiapan sejak saat ini untuk bisa mudik bersama keluarga. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

 

1.Mempersiapkan budget

Tentunya dalam melakukan berbagai hal, kita tidak akan pernah lepas dari menentukan dana. Persiapan keuangan yang matang akan membuat acara yang kita lakukan menjadi lancar dan sesuai harapan. Mudik memang menjadi moment yang membahagikan. Dapat berkumpul dengan keluarga tercinta di hari nan fitri, tetapi budget yang perlu dipersiapkan juga menjadi lebih besar. Mengingat semua harga tiket mengalami kelonjakan juga kebutuhan yang lain akan bertambah banyak.

 

2. Tiket

Pembelian tiket keberangkatan dan balik pulang sudah bisa dipersiapkan sejak saat ini. KAI dan tiket pesawat sudah membuka pembelian sejak bulan Februari lalu. Bila kita tidak mendapatkan tiket KAI maka bisa mencari kendaraan lain yang tiketnya masih tersedia. Namun jika dana yang dimiliki masih terasa minim maka kita bisa melakukan alternatif lain, seperti melakukan perjalanan dengan ikut Mudik Gratis, sewa kendaraan bareng kerabat ataupun membawa kendaraan sendiri.

Freepik

3. Membuat anggaran pengeluaran yang jelas

Adanya pengeluaran yang tidak terduga bahkan melebihi dari yang dianggarkan akan membuat budget dana yang dimiliki menjadi minus. Hal ini yang perlu kita hindari. Akan lebih baik jika kita melakukan penghematan sejak jauh hari untuk persiapan mudik. Memang terasa berat, tetapi nantinya kita akan merasakan hal yang jauh lebih indah saat rencana mudik yang kita lakukan berjalan sesuai harapan.

 

4. Menentukan cuti

Meski hari lebaran masih cukup lama, tetapi rencana mudik yang akan kita lakukan perlu dipersiapkan sejak dini, yaitu menentukan hari keberangkatan, berapa lama akan mudik dan tanggal berapa kiranya kita mulai beraktivitas kembali. Koordinasi dengan teman bekerja menjadi kunci dalam menentukan masa cuti tersebut.

 

5. Perlengkapan untuk mudik

Bawaan yang kita persiapkan untuk mudik tidak semata dengan keperluan pribadi saja. Ada kalanya kita juga ingin membawa suatu yang special untuk orang yang akan kita kunjungi, seperti pakaian, makanan atau berupa angkao. Kita bisa membuat rincian dahulu, siapa dan apa yang akan kita berikan, kemudian buat anggarannya dan segera eksekusi. Bila berupa barang, kita bisa mencari jauh hari dengan cara mencicilnya satu per satu dan membeli dengan harga yang sesuai budget atau membeli produk sale.

 

Mudik memang moment yang menyenangkan. Melakukan perjalanan bersama, kemudian berkumpul dengan keluarga tercinta di saat bahagia. Untuk mewujudkan semua perencanaan tersebut, kita perlu melakukan persiapan sejak jauh hari agar apa yang kita inginkan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Meski anggaran yang dibutuhkan dalam jumlah lebih besar, tetapi tidak menjadi kendala untuk mewujudkannya. Sebuah harapan akan dapat terwujud, selama kita terus berusaha semaksimal mungkin dan diiringi dengan tekad yang kuat. InsyaAllah.

 

Salam.

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *