Lifestyle

Perlukah Kita Melek Politik dalam Kehidupan 

Perlukah Kita Melek Politik dalam Kehidupan 

Ħăiii … Mengamati pemberitaan di media elektronik, rasanya kehidupan kita tak jauh dari info perpolitikan. Ada yang bisa menikmati, tetapi ada juga yang lebih memilih menghindar dan mengalihkan dengan informasi yang lain. Nah, sebenarnya seberapa perlukah kita melek politik? 

 

Perlukah Kita Melek Politik

Ada yang bilang dunia politik itu kejam. Politik itu hanya mementingkan kepentingan pribadi dan golongan saja. Politik itu tidak bersahabat. Politik hanya ditujukan untuk kalangan tertentu. Eiit stop dulu! Kita tidak mau membahas dunia politik lebih dalam. Hanya ingin tahu seberapa perlukah kita melek politik dalam kehidupan ini. 

Politik bukan hanya dalam tatanan kenegaraan, seperti MPR, DPR, DPRD, dan jajaran lainnya. Namun sebenarnya kita semua juga menjalankan dunia politik, seperti saat pemilu, pemilihan RT, juga kepartaian. Semua kalangan usia mulai dari pemuda sampai manula ikut berpartisipasi. 

Pemilu menentukan suara kita untuk masa tertentu. Hasilnya akan menentukan bagaimana kondisi negara selanjutnya. Memang ada juga sih yang golput, yah tentu dengan alasan yang kuat. Selain itu ada yang semangat melakukan kampanye untuk mendukung partai tertentu. 

Informasi pemberitaan membuat kita bisa melek politik sehingga memudahkan menentukan pilihan. Akan sebaliknya jika kita sudah bersikap apatis dan menganggap negatif. 

Dibalik suara yang kita dengar seputar politik, sebenarnya tidak salah jika kita mengetahui apa dan bagaimana perpolitikan di negara kita. Tahu dunia politik bukan berarti kita perlu masuk dalam kepartaian. Benarlah, tak kenal maka tak sayang. 

Jika tidak tidak kenal nama partainya, bagaimana mungkin kita mau tahu lebih dalam tentang partai itu. Kalau banyak yang tidak peduli apa jadinya negara ini. 

“Jika politik tidak diisi oleh orang baik, maka politik akan diisi oleh orang jahat.” ~ Erdogan – Presiden Turki

Ini bisa menjadi salah satu alasan kenapa kita perlu melek politik. Melek positif sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. 

Berpolitik dalam kehidupan 

Apa Itu Politik? 

Arti politik yaitu pengetahuan mengenai ketatanegaraan, antara lain tentang sistem pemerintahan, segala kebijakan juga urusan pemerintahan serta cara penanganannya. Dari pengertian ini kita jadi tahu kalau cakupan ilmu politik itu cukup luas. 

Berdasarkan hal tersebut, kita jadi mengerti bahwa politik punya pengaruh yang luas dalam kehidupan kita. Jadi kebayangkan bagaimana kondisi perpolitikan negara ini. 

Melek politik bukan berarti kita perlu terus menikmati pemberitaan politik setiap harinya, tetapi paling tidak kita mengetahui update pemberitaan. Jadi nggak kudet. 

Ini penting juga lho, karena perkembangan dunia politik itu cepat banget. Bahkan dalam hitungan jam saja bisa berubah. Perubahan yang terjadi juga bisa mempengaruhi kondisi kita sebagai rakyat. Baik dalam bidang pendidikan, juga ekonomi. Ya, semua lini kehidupan akan sangat berpengaruh. 

Baca juga :

 

Politik dan Kaum Pemuda

Dunia politik memang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan kita. Bukan hanya politikus yang berperan di dalamnya, tetapi semua warga negara, terutama kaum muda. 

Pemuda sebagai generasi penerus bangsa juga memiliki peran penting. Pemuda sebagai masa depan bangsa. Lalu bagaimana kalau anak muda hanya diam dan tidak peduli? 

Bisa jadi karena pemahaman mereka masih kurang atau pengenalan terhadap partai yang ada masih kurang sehingga terlihat apatis. Yuk, kaum muda tunjukkan peranmu untuk negara. Terus kembangkan kemampuan sesuai keahlianmu dan ikut berpartisipasi semampunya untuk kebaikan sekitar. 

Masa muda jangan sampai terlewatkan begitu saja. Terus lakukan aktivitas yang membuatmu semakin berkembang dan maju. 

Penutup

Perlukah kita melek politik? Tentu, karena berkaitan erat dengan seharian kita dan menyentuh hampir semua lini kehidupan. Sebagai warga negara kita perlu mengetahui bagaimana kondisi politik negara ini juga bentuk kepedulian dengan negara yang kita cintai. 

Dibalik semua anggapan seputar politik sebenarnya kita juga perlu memahami apa dan bagaimana sebenarnya dunia ini. Mengenal bukan berarti kita perlu masuk ke dalam lebih jauh, tetapi setidaknya bisa memahami kondisi yang sedang terjadi. Hasilnya bisa menjadi penyemangat juga untuk terus maju dan menghindari informasi hoax yang beredar. Setujukah?

 

Salam, 

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *