Hadits Shahih Tentang Hak Perempuan

Hadits Shahih Tentang Hak Perempuan Dalam Islam

Ħăi˚… Bahagianya menjadi perempuan yang mendapatkan posisi mulia dalam kehidupan. Buku 60 Hadits Shahih khususnya tentang hak perempuan dalam Islam dilengkapi penafsirannya ini menuangkan banyak hal penting yang selayaknya mampu memberikan pemahaman kita akan apa dan bagaimana sebenarnya posisi perempuan dalam kehidupan ini.

Judul : 60 Hadits Shahih, Khususnya tentang hak perempuan dalam Islam dilengkapi penafsirannya

Penulis : Faqihuddin Abdul Kodir

Tahun : 2019

Hal.     : 276

Penerbit : Diva Press

Hadits Shahih Tentang Hak Perempuan

Datangnya Islam telah merubah diskriminasi negatif yang diberikan kepada perempuan. Pada masa jahiliah perempuan dipandang sebagai manusia yang tidak bermartabat, seperti dinikahkan dengan paksa, dipoligami tanpa batas, menjadi jaminan berhutang dan tidak diberikan peran dalam urusan sosial.

Islam hadir untuk memberikan kebaikan dan kerahmatan untuk manusia. Bentuk ketidakadilan yang diberikan kepada perempuan seperti pelecehan, perendahan, penzaliman juga kekerasan tentu bukan hal yang selayaknya dilakukan. 

Rasulullah Saw. sebagai uswatun hasanah (suri teladan) telah memberikan penerang akan kondisi yang terjadi. Ratusan ribu hadits baik berupa ucapan, perbuatan, penetapan juga sifat-sifat beliau menjadi pedoman kita dalam menjalani kehidupan ini. 

Pada dasarnya setiap manusia mempunyai hak yang sama atas kerahmatan, kemaslahatan, kebaikan juga keadilan. Tidak ada batasan tertentu untuk mendapatkan hak tersebut, gender sekali pun. 

Kedudukan dan Peran Perempuan

Menghormati Kedudukan dan Peran Perempuan

Apakah saat ini kondisi perempuan sudah lebih baik? Ya, tetapi masih ada saja orang yang masih belum memperlakukan perempuan sebagaimana layaknya.

Sejatinya perempuan tidak mengharapkan penghormatan yang berlebihan akan apa yang telah dilakukannya, tetapi bersikaplah baik, penuh kasih sayang dan lemah lembut kepadanya akan membuat perempuan menjadi lebih dihargai. 

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara mereka dan sebaik-baik kalian adalah ia yang paling baik perilakunya di antara kalian terhadap perempuan mereka.” (HR. Tirmidzi)

Bersikap baik dan saling menghormati merupakan hubungan timbal balik, jadi kedua pihak melakukannya dengan kesungguhan hati bukan atas keterpaksaan. Sikap inilah yang selayaknya dapat dilakukan oleh semua orang dalam menjalani kehidupan.

Hak-Hak Perempuan

Keluarga menjadi pilar penting dalam pembentukan kepribadian setiap orang. Jelaslah seorang perempuan atau ibu memiliki peran yang besar dalam kehidupan rumah tangga. Namun demikian, dalam hal pengasuhan perlu ada kerjasama yang solid antara kedua orang tua. 

Aswad bin Yazid berkata, “Aku bertanya kepada Aisyah Ra. mengenai apa yang diperbuat Nabi Muhammad Saw. di rumah, Aisyah menjawab, “Beliau selalu membantu keluarganya. Ketika datang waktu shalat, beliau bergegas pergi untuk melaksanakan shalat.” (HR. Bukhari, Tirmidzi dan Ahmad)

Ayah dan ibu saling menguatkan dan mendukung dalam memberikan pengasuhan yang terbaik untuk buah hatinya. Tidak dengan menyerahkan sepenuhnya pada ibu karena kondisinya juga memiliki keterbatasan. Kerjasama yang baik justru akan membuat buah hati tumbuh kuat dan mampu menjadi pribadi yang unggul.

Namun lingkup perempuan tidak hanya seputar rumah tangganya saja, tetapi dia juga mempunyai hak dalam menjalani kehidupannya. Mampu menentukan pilihan akan apa yang diinginkan baik dalam bidang pendidikan, juga sosial bermasyarakat. Tentunya semua langkah tersebut disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki dan tetap menjaga kodratnya sebagai seorang perempuan. 

Pada hakikatnya hak laki-laki dan perempuan adalah sama yaitu ingin mendapatkan pengakuan, penghargaan, perlindungan dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Tanpa ada penindasan, diskriminatif dan penistaan sosial. 

“Perempuan itu saudara laki-laki.” (HR. Abu Dawud)

Kesan Terhadap Buku 60 Hadits Shahih

Kehadiran buku ini tentu menambah khazanah ilmu yang saya miliki. Meski ada beberapa hadits yang sudah diketahui, tetapi adanya pemaparan tentang penafsiran hadits tersebut membuat pemahaman jadi lebih jelas. 

Hadits yang disampaikan pun relevan dengan kehidupan kita sehari-hari sehingga semakin mudah saya mengerti. Didukung dengan pemilihan kata yang lugas dan jelas. 

Layaklah jika buku ini menjadi salah satu pilihan yang menemani aktivitas kita sehari-hari agar nantinya kita juga mampu mengaplikasikan hadits tersebut dalam keseharian kita. 

Penutup

Hadits shahih tentang hak perempuan dalam buku 60 Hadits Shahih ini memberikan penjelasan yang lugas tentang apa saja hak perempuan dalam kegiatan sehari-hari. Memang masih banyak hadits lain yang menjelaskan mengenai kedudukan perempuan. 

Namun buku ini sekiranya sudah mampu memberikan penjabaran yang dapat kita jadikan acuan dalam menjalani kehidupan kita dan bermasyarakat. 

Salam,

Artikel ini diikutsertakan dalam ODOP ICC X Mubadalah.id   

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *