Lifestyle

Dampak Perkembangan Dunia Digital dalam Kehidupan Kita

Perkembangan dunia teknologi semakin hari semakin pesat. Tentunya kondisi ini memberikan dampak untuk semuanya, baik sisi positif juga negatif. Meski banyak hal positif yang kita dapatkan, tetapi kita juga perlu berhati-hati dengan dampak negatif yang bisa jadi mempengaruhi kondisi kita.

Dunia digital tidak hanya terlihat dari perkembangan gadget saja, tetapi juga kemampuan dari insan yang menggunakannya. Lihat bagaimana saat ini anak usia 1 tahun saja sudah diperkenalkan dengan handhpone. Kemudian saat usia anak-anak sudah mulai menyukai game Online. Inilah yang menjadi catatan tersendiri untuk para orangtua. Kita memang perlu memahami teknologi yang ada, tetapi juga perlu menyikapi kemajuan ini dengan hal yang bijak.

Freepik

Dampak Kemajuan Dunia Digital

Saat ini jarak yang jauh tidak menjadi kendala untuk mengetahui banyak hal di luar sana karena bisa di akses dengan mudah melalui media Online juga social media. Banyak pemberitaan yang dapat memberikan informasi tentang kejadian nun jauh di sana, bahkan ada yang menjadi viral dengan banyaknya orang yang melihat dan membaca berita tersebut. Kita juga bisa mendapatkan informasi yang terupdate, seperti informasi mengenai virus Corona yang saat ini menjadi pandemi global. Apa yang terjadi di negara Itali, Irak, Malaysia, China, Jerman, dll. Bagaimana perkembangan kasus ini atau bagaimana situasi Palestina yang terus di bombardir oleh Israel.

Perkembangan gadget yang semakin canggih pun membuat komunikasi menjadi lebih mudah didukung dengan layanan selulernya seperti yang awalnya hanya biasa saat ini sudah bisa sampai 4G, kemudian akan berkembang lagi menjadi 5G, dst. Dunia pendidikan juga terbantukan karena dapat melakukan pembelajaran secara Online, mencari tugas tertentu, dll.

Informasi seputar perkembangan dunia Islam juga semakin mudah diperoleh. Kita bisa tahu akan diadakan Book Fair, kajian ulama tertentu, bahkan ada yang melakukan streaming untuk mendengarkan ceramahnya. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dengan kemajuan teknologi dan hal ini tidak dapat kita pungkiri bahwa kita memang menikmati manfaatnya.

 

Bertebaran Berita Hoax

Segala yang terjadi dalam kehidupan ini memang bagaikan dua sisi mata uang yang tak akan bisa dipisahkan, ada sisi baik dan buruk. Dibalik berita yang disampaikan, ada sebagian atau sepenuhnya diputarbalikkan. Ya, adanya oknum tak bertanggung jawab yang memberikan menyebarkan berita bohong atau hoax mengenai suatu hal.

Freepik

Ingat bagaimana banyaknya berita hoax disaat kondisi begini, sehingga memberikan dampak merugikan untuk tim medis. Banyaknya sarana kesehatan yang terjual bebas dan membuat tim medis menjadi kesulitan untuk mendapatkannya, (masker N95, masker medis, hand sanitizer), akibatnya harga melonjak tinggi bahkan tim medis juga mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Padahal tim medis menjadi garda terdepan dalam menangani virus Corona.

Berita hoax juga mampu memecah belah persaudaraan, kondisi yang awalnya baik-baik saja, tiba-tiba menjadi bercerai berai. Lalu kemana yang memberikan dan menyebarkan berita hoax itu? Entahlah dimana keberadaannya dan apa tujuan dari semua ini. Hanya dia yang tahu. Karenanya apapun pemberitaan yang kita dapatkan, hendaknya bisa lebih berhati-hati lagi. Saring dan cek kebenarannya agar kita juga tidak terbawa arus hoax.

 

Terlena dengan Gadget

Dampak lain yang terjadi dari kemajuan teknologi adalah mudahnya terjadi penipuan dan terlena dengan kenikmatan. Pembelanjaan saat ini bisa dilakukan secara Online, tetapi ada yang memanfaatkan media tersebut dengan melakukan penipuan sehingga merugikan banyak pihak.

Hal lainnya adalah gadget membuat kita terlena. Semua umur, baik anak-anak, remaja bahkan dewasa mudah terlena dengan benda canggih ini. Bagaimana tidak? Hanya dengan sentuhan jari, apa yang kita inginkan bisa terwujud dengan mudah. Mau belanja, jajan, nonton film, mendengarkan musik, games, dll. Akibatnya ada anak yang mengalami dampak radiasi gadget.

Freepik

Orang tua atau orang dewasa sebenarnya berperan penting dalam masa pertumbuhan anak. Maka ada baiknya bisa saling mengontrol agar anak dapat mencontoh perilaku yang baik. Orang tua merupakan suri tauladan. Tidak membiarkan anak melakukan hal hanya sesuai keinginannya semata, tetapi berikan informasi apa dampak dari hal buruk yang dilakukannya.

 

Zaman semakin berkembang dan tidak bisa dipungkiri teknologipun jadi terus maju. Kita memang membutuhkan kemajuan teknologi untuk mendukung kehidupan ini, tetapi kita pun perlu berhati-hati dampak negatif yang akan terjadi. Berlaku bijak penggunaannya dan mampu mengarahkan generasi muda untuk tidakterlena dengan sarana yang diberikan.

Waktunya mereka untuk berkarya demi meraih cita-cita, bukan terlena dan lupa akan apa yang menjadi kewajibannya. Manfaatkan sebaik mungkin dari hasil teknologi ini dan kikis perlahan hal negatif yang ditimbulkan. Semua berharap yang terbaik. Kalaupun kita jika sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan yang terbaik, tetapi masih ada terus oknum yang nakal, maka biarkanlah. Bukankah setiap perbuatan akan ada balasannya.

 

Salam.

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *