Berapa-Lama-Blog-Bisa-Menghasilkan-Uang

Butuh Berapa Lama Blog Bisa Menghasilkan Uang dengan Memanfaatkan Internet untuk Meningkatkan Kapasitas Diri

Tidaklah salah mempertanyakan berapa lama blog bisa menghasilkan uang. Namun bukankah sebelum mendapatkan apa yang diinginkan seorang blogger perlu menikmati dahulu semua proses. Apalagi menulis adalah pekerjaan hati yang dilakukan secara konsisten. 

Pertanyaan lainnya adalah benarkah menjadi seorang blogger nantinya bisa memberikan hasil nyata dan menjanjikan untuk masa depan? Nggak salah sih pertanyaannya, tetapi jawabannya berat. Hiks. Karena siapa sih yang nggak ingin melakukan sesuatu dan bisa mendapatkan pundi-pundi rezeki. 

Ingat kalimat, “dalam kehidupan ini uang memang bukan segalanya, tetapi uang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup”. Yup, bener bangetkan. So, lakukan apa yang kita bisa semaksimal mungkin untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah. Deal ya. 

Balik lagi nih, menjadi blogger itu apa saja sih yang perlu dilakukan dan bagaimana proses ngeblognya supaya bisa menghasilkan uang?

Butuh Berapa Lama Blog Bisa Menghasilkan Uang

Kita semua tahu bahwa untuk mendapatkan segala sesuatu membutuhkan proses dan keuletan. Ingin dapat gaji dan posisi yang bagus di kantor, kita kudu jadi karyawan yang baik. Mau mendapatkan nilai pelajaran yang bagus, perlu belajar dan bersungguh-sungguh.  

Proses inilah yang saya jalani selama dua tahun ini. Berusaha menjadi blogger dengan terus berlatih dan berusaha sebaik mungkin. Istilahnya masih perlu banyak sinau alias belajar biar ilmunya bisa lebih terampil. Sambil belajar juga melakukan introspeksi dan ternyata menjadi blogger memang bukan hal yang mudah. 

Kenapa begitu? Karena untuk menjadi blogger tidak hanya mampu menulis saja. Perlu banyak belajar juga agar wawasan yang dimiliki bisa terus bertambah dan tidak mudah menyerah. Ada banyak alasan yang membuat kenapa ngeblog itu terasa susah. 

Sulit membagi waktu, bingung menentukan tema, masih belum yakin dengan tulisan yang sudah dibuat, dan berbagai alasan lainnya. 

Terus salah siapa donk? Balik lagi ke niat awal ngeblog. Apa sih tujuan jadi blogger? Sudah tahu belum apa dan bagaimana sebenarnya menjadi blogger itu? Kalau niat ini sudah mulai terjawab baru kita bisa menentukan keputusan. Tetap mau terus maju menjadi blogger atau mundur cantik dan terus melanjutkan hal lain yang diinginkan. 

Berapa-Besar-Blogger-Bisa-Menghasilkan-Uang-Dalam-Sebulan
Menjalani proses menjadi blogger

Berapa Besar Blogger Bisa Menghasilkan Uang Dalam Sebulan

Niat ngeblog sudah mantap dan fokusnya juga sudah jelas. Keep going and don’t give up, ya terus lanjutkan dan jangan menyerah. Usahakan tidak hanya terfokus ke pertanyaan berapa lama blog bisa menghasilkan uang saja, tetapi berusaha terus untuk bisa membuat konten yang keren dan dibutuhkan. 

Bingung mau bikin konten apa? Tulisan yang kita buat bisa disesuaikan dengan kemampuan kita kok. Misalnya suka teknologi berarti bikin tulisan seputar teknologi, memasak bisa bikin aneka tulisan tentang memasak seperti resep, tips dan trik memasak dan tema lainnya. Pokoknya pilih sesuai dengan kelihaian kita. 

Teh Ani Berta yang sudah menjadi blogger berpengalaman membagikan tipsnya untuk bisa konsisten menulis. Yaitu saat ada ide langsung dituangkan saja dan tidak harus didepan laptop atau PC, tetapi bisa menggunakan perangkat yang ada saat itu. 

Awal menjadi blogger beliau menulis dengan memanfaatkan waktu luang saat bekerja. Saat istirahat atau dalam perjalanan pulang bekerja. Pernah suatu ketika beliau menulis konsep lomba blog saat dalam perjalanan pulang dan berada di kendaraan umum dengan menggunakan media hp. Sesampainya di rumah tulisan tersebut di edit kemudian publish. Alhasil tulisannya bisa menjadi salah satu pemenang. Rezeki anak soleha ya.

Cara-Blog-Bisa-Menghasilkan-Uang
Gapai cita-cita dan harapan dengan terus berusaha

Cara Blog Bisa Menghasilkan Uang

Membangun sebuah blog tidak hanya berproses satu dua hari saja. Betul ini mah. Kalau membuat blognya sih mudah dan cepat. Bahkan ada yang tinggal jadi karena dibantu pihak hosting. Nah, proses selanjutnya tergantung bagaimana si empunya blog itu sendiri. 

“Menulis adalah pekerjaan hati sehingga membutuhkan proses yang terus dilakukan secara berkesinambungan. Bukan suatu hal yang instan didapat.” ~ Ani Berta (Blogger)

Proses ini lah yang saat ini saya nikmati dan berusaha untuk bisa istikamah. Menulis satu demi satu tema untuk semakin mengasah kemampuan dan meyakinkan diri agar selalu semangat meniti pilihan hidup ini. Ya, menjadi seorang blogger. 

Teh Ani mengingatkan juga bahwa proses demi proses yang dilalui dengan penuh keyakinan maka nantinya bisa membuahkan hasil, blog bisa menghasilkan uang. Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari saja. Bahkan mampu membuat beliau terus eksis hingga saat ini dan beliau bangga dengan predikat seorang blogger. 

Lebih lanjut Teh Ani menjelaskan bahwa menjadi seorang blogger merupakan pilihan yang memang dinikmatinya. Bagi para blogger hendaknya tidak berkecil hati, karena peluang untuk mendapatkan job juga cukup besar. Bahkan tidak hanya sebagai penulis saja, antara lain :

1. Sponsored Post

Sponsored Post atau artikel sponsor yaitu membuat artikel atau menerbitkan artikel yang sudah dipersiapkan oleh pemesan. Misalnya menjadi reviewer, atau menshare produk tertentu.   

2. Tutor atau Speaker

Arti kata tutor, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang memberikan pembelajaran atau menjadi pembimbing kepada seseorang. 

3. Ghost Writer

Adalah blogger yang menjadi penulis untuk seseorang atau perusahaan. Namun nama penulisnya tidak dicantumkan karena menjadi milik individu atau perusahaan yang mempekerjakannya. 

4. Content Writer

Yaitu blogger yang membuat berbagai konten menarik, relevan dan berkualitas. Didukung juga dengan berbagai sumber data, baik statistik ataupun informasi faktual lain sehingga menghasilkan sumber informasi yang berkualitas.   

5. Content Planning & Analyst

Tugas seorang content planning adalah melakukan perencanaan dan pengembangan konten agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Kemudian melakukan evaluasi terhadap hasil yang didapat. 

6. Social Media Specialist

Menjadi seorang social media specialist adalah menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik sehingga mampu mendongkrak brand awareness dan meningkatkan penjualan produk.

7. Event Organizer

Adalah menjadi pengelola suatu kegiatan baik secara formal maupun non formal. 

8. KOL Management

KOL adalah singkatan dari key opinion leader. Jadi KOL management adalah badan yang menangani para KOLs dalam manajemen perusahaan untuk mengarahkan sehingga menjadi agen pemasaran yang baik dan mampu menjelaskan produk dengan baik kepada target market.

9. Digital Marketing Consultant

Yaitu mampu bekerja sama untuk menciptakan dan menerapkan strategi digital marketing dalam berbagai sektor bisnis. 

Nah, cukup banyakkan peluang untuk blogger. Semua peluang job blogger tersebut bisa diraih jika kita sebagai blogger memang mempunyai ilmunya. Salah satu blogger yang sudah menjalani ke sembilan job tersebut adalah Teh Ani Berta. Inilah yang membuat beliau bangga dengan identitasnya sebagai blogger.   

“Janganlah terus mengejar kesempatan. Karena jika kesempatan besar itu datang, sanggupkah kamu melakukannya dengan kemampuan yang terbatas? Maka luangkanlah waktu untuk memantaskan dan memperbesar kapasitas diri. Sehingga saat kesempatan besar itu datang, nantinya mampu melakukannya dengan kapasitas yang maksimal.” ~ Merry Riana (Motivator) 

Keuntungan-Membuat-Blog-Selain-Bisa-Menghasilkan-Uang
Ngeblog membantu meningkatkan kapasitas diri

Keuntungan Membuat Blog Selain Bisa Menghasilkan Uang

Lagi-lagi timbul pertanyaan, berapa lama proses sebuah blog bisa menghasilkan uang? Jawabannya pun tetap sama. Sudah sejauh manakah proses yang dilakukan. Sudah beranikah melangkah ke tahapan yang lebih serius, maksudnya menulis tidak hanya tentang curhatan semata. Sudah bisakah kita membuat konten yang berkualitas? Mampukah kita membuat tulisan yang membuat pengunjung blog betah di blog kita?

Internet Talks#1 bersama Teh Ani Berta benar-benar membuat saya melakukan terbuka kembali dan melakukan evaluasi diri untuk lebih menguatkan niat dengan pilihan saya menjadi blogger.

Kuncinya sabar, konsisten dan terus belajar. Jika semua dilalui dengan tahapan indah maka hasilnya pun akan terasa indah dan menyenangkan. Menikmati proses bukan berarti kita akan menderita. Namun justru sebaliknya. Satu per satu ilmu bisa kita dapatkan. Karena hal inilah, banyak yang mengatakan bahwa blogger itu serba tahu.

Punya banyak ilmulah. Bagaimana tidak! Untuk membuat sebuah konten, seorang blogger akan melakukan riset dari berbagai sumber hingga nantinya tulisan yang dibuat benar-benar bisa terpercaya.  

Peran Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bersyukur sekali dengan kemajuan teknologi yang saat ini terus berkembang pesat. Segala informasi bisa didapatkan dengan mudah, hanya melalui genggaman tangan. Tidak hanya tergantung pada pc saja. iPad, smartphone pun semakin canggih. Ukurannya memang kecil, tetapi kapasitasnya wow keren.

Apalagi kalau didukung dengan layanan internet provider yang mantap. Karena mau tidak mau, suka tidak suka, kemajuan dan perkembangan teknologi digital saat ini memang semakin memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas. Namun seperti dua sisi mata uang, ada yang di atas dan di bawah, kanan atau kiri juga baik dan buruknya. 

Setelah menikmati berbagai kemudahan dari teknologi digital maka kehidupan tanpa jaringan internet terasa kurang. Terlebih saat ini semua informasi bisa semakin didapatkan dengan mudah, termasuk juga fasilitas yang kita dapatkan di dalamnya. Seperti e-mail, e-learning, e-business, e-book, e-library, e-money dan semua media elektronik yang membantu dalam segala aktivitas. 

Memang masih ada daerah yang mengalami kesulitan akan jaringan internet. Salah satunya di tempat nenek saya yang letaknya di dekat puncak gunung. Jaringan internet hilang timbul. Terkadang perlu mendaki dulu untuk bisa mendapatkan koneksi internet.

Berharap nantinya semua wilayah di Indonesia bisa mendapatkan layanan internet yang baik. Karena kemajuan teknologi akan semakin pesat. Sehingga kendala yang saat ini dihadapi kelak akan mendapatkan solusinya. Gradually but surely. 

Manfaat-Internet-Dalam-Mengembangkan-Kemampuan
Layanan internet mendukung segala aktivitas

Manfaat Internet Dalam Mengembangkan Kemampuan Diri

Pernahkah membayangkan apa yang terjadi dalam kehidupan kita jika kemajuan digital tidak seperti saat ini? 

  • Informasi susah didapat
  • Komunikasi terasa lambat dan akses susah
  • Terjadi krisis ekonomi global
  • Ilmu pengetahuan kurang meningkat
  • Tidak ada penjualan online

Nah, kebayangkan bagaimana kondisi tersebut. Kemajuan digital saat ini memang membuat kita semakin bergerak maju dalam segala sektor kehidupan. Tak salah juga jika akhirnya kita pun menjadi ketergantungan dengan internet. 

Coba pilih mana, ketinggalan dompet atau handphone? Tentu akan memilih ketinggalan dompet karena keberadaan handphone jauh lebih dibutuhkan. Bahkan semenit saja tanpa handphone rasanya ada yang hilang.   

Penelitian yang dilakukan oleh Saida Rani, dkk (2018) terhadap usia remaja (SMA) menunjukkan bahwa internet dimanfaatkan untuk membantu pengembangan diri yaitu pengembangan minat dan bakat. Berbagai informasi yang didapatkan akan semakin meningkatkan kualitas hidup dan potensi yang dimilikinya. 

Inilah yang terus dimanfaatkan dalam menunjang kehidupan kita. Kehadiran layanan internet tidak disia-siakan begitu saja, tetapi mengambil dan mengolah banyak manfaat untuk meningkatkan kualitas diri. 

Apalagi bagi saya yang menjalani profesi blogger. Bergantung pada jaringan internet dalam proses pembuatan konten. Menggali informasi demi informasi, menuangkan ide, mendesain gambar pendukung dan menshare hasil agar semakin banyak yang membacanya.  

“Internet membuat kehidupan semakin berwarna dan terlihat jelas. Mampu menguasai internet seakan mampu menjelajahi dunia.” 

IndiHome-Layanan-Internet-Untuk-Mendukung-Kebutuhan-Semua-Orang
IndiHome adalah Internetnya Indonesia

IndiHome, Layanan Internet Untuk Mendukung Kebutuhan Semua Orang

IndiHome bagian dari layanan internet provider yang mendukung teknologi digital. Merupakan layanan internet cepat resmi dari Telkom Indonesia. IndiHome hadir dengan menggunakan jaringan fiber optik dan tersebar di seluruh negeri membuat akses menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan stabil

Teknologi fiber optik atau serat optic yang dimiliki IndiHome membantu masyarakat Indonesia menikmati layanan internet dengan berkecepatan tinggi dan tidak terpengaruh oleh cuaca. Sehingga transmisi data dan akses dapat dilakukan dengan kecepatan optimal. Ya, IndiHome menjadi internetnya Indonesia. 

Jangkauan yang semakin luas, akses yang terus memudahkan semakin menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari. Semua masyarakat Indonesia mampu menikmati dan memanfaatkan layanan tak terbatas internetnya Indonesia ini. Ya, tanpa batas. Karena bisa digunakan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun tanpa ada ruang dan jarak. 

Alhasil layanan internet ini akan semakin meningkatkan perekonomian, mencerdaskan anak bangsa dan memakmurkan negeri tercinta. 

Penutup

Menentukan pilihan menjadi blogger tidak hanya dengan mempertanyakan berapa lama blog bisa menghasilkan uang. Namun berusaha untuk terus memantaskan dan meningkatkan kapasitas dan kemampuan ngeblog. Fokus dengan niat, istikamah dan mau terus belajar tanpa batas. 

Serta memanfaatkan teknologi digital untuk menambah wawasan dan memperluas jaringan. Dukungan layanan internet tanpa batas tentu akan menambah energi dan memperbanyak informasi. Ya, kemauan yang terus ditingkatkan tanpa membatasi diri akan membuat keinginan yang diimpikan dapat terwujud. 

Yuk kita terus tingkatkan kemampuan diri dengan memanfaatkan layanan internet tanpa batas ini semaksimal mungkin. Untuk menggapai cita dan meningkatkan kualitas diri. Layanan internet yang memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Indonesia. Internetnya Indonesia adalah IndiHome. 

 

Salam, 

Sumber :

https://indihome.co.id/

Rani, Saida, dkk. (2018). Penggunaan Internet dan Pengembangan Diri Siswa MAN 1 Pekan Baru. (JOM, Universitas Riau, 2018). Diakses dari https://jom.unri.ac.id

Share the article :