Parenting

7 Tips Mandi Untuk Bayi dan Waktu Ideal Mandi

 

Mandi merupakan kegiatan yang menyenangkan, tetapi akan berbeda dengan kondisi bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan. Kenapa? Karena kondisi kulitnya masih begitu sensitif. Sebenarnya tidak ada aturan khusus kapan bayi sebaiknya mandi, hanya saja Bunda perlu  memperhatikan kapan waktu ideal bayi untuk mandi.

Waktu Ideal Memandikan Bayi

Bunda, untuk memandikan bayi sebenarnya tidak ada waktu khusus. Umumnya saat pagi hari adalah sekitar pukul 6-8. Namun, untuk meningkatkan konsentrasi vitamin D pada kulit bayi maka sebelum mandi apat di jemur dahulu selama beberapa menit (sekitar 5-10 menit). Kemudian dapat dimandikan yang akan membuat tubuhnya terasa bersih dan menyegarkan.

Saat sore hari, untuk tetap menjaga kehangatan tubuhnya, Bunda dapat tetap memandikannya dengan air hangat kuku agar tidak kedinginan dan kisaran waktunya sekitar pukul 4-5 sore. Memperhatikan waktu mandi bayi bertujuan untuk memberikan kesesuaian dengan jam tidur juga saat menyusui.

Setelah tubuh kecilnya terasa segar, Bunda dapat mengajaknya bermain sesaat kemudian memberikan ASI untuk memberikan asupan yang membuatkan kenyang dan tertidur kembali. Kesegaran ini akan membuatnya tertidur dengan nyenyak.

Memandikan bayi sebenarnya agak berbeda dengan aturan orang dewasa, yaitu tidak menuntut mandi dua kali sehari. Namun, negeri kita Indonesia, merupakan negara beriklim tropis dengan suhunya yang cukup tinggi dan lembab, maka mandi setiap hari dua kali tidak menjadi kendala. Namun, Bunda perlu memberikan kesesuaikan dengan jam tidu dan menyusui agar kondisi bayi tetap nyaman.

Tips Memandikan Bayi

Ada beberapa hal yang perlu Bunda persiapkan sebelum memandikan bayi, yaitu :

  • Hindari mandi dengan kondisi perut bayi yang kenyang. Karena tekanan pada perutnya akan membuat dia mudah muntah. Bila Bunda sudah menyusuinya, maka berikan waktu jeda agar asupannya tersuplai dengan baik dahulu ke dalam tubuh.
  • Mempersiapkan perlengkapan mandi, seperti handuk, sabun, air hangat secukupnya, pakaian ganti juga washlap.
  • Cek kembali suhu air yang akan digunakan, pastikan kondisinya benar-benar hangat, agar benar-benar sesuai dengan kenyamanan bayi dan kondisi kulitnya. Suhu air yang ideal untuk bayi sekitar 38 derajat Celcius dan untuk memastikan suhu tersebut, Bunda dapat mengetes kehangatan dengan mencelupkan ujung siku tangan Bunda ke dalam bak mandi bayi.
  • Waktu mandi tidak terlalu lama, kurang dari 10 menit. Suhu dingin akan membuat kulit bayi kering dan berkeriput.
  • Berikan usapan lembut pada tubuh bayi secara merata dengan sabun, mulai dari leher, dada, ketiak, tangan, kaki juga punggungnya.
  • Setelah tubuh bayi terasa benar-benar bersih, segera keringkan dengan handuk lembut dan berikan kehangatan dengan body lotion atau minyak telon.
  • Usai mandi, Bunda bisa menyusuinya dan akan membuat bayi tertidur dengan lelap. Tubuh kecilnya sudah terasa segar sehingga sangat nyaman jika tidur kembali.

Mandi merupakan bagian dari rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Selain menyenangkan dan untuk menjaga kebersihan tubuh, selama mandi Bunda juga perlu memberikan kenyamanan. Bonding yang terjalin saat mandi mulai dari memberikan sentuhan air, melakukan usapan lembut dengan air dan sabun, adanya interaksi Bunda dan bayi juga pijatan lembut, akan membuat bayi benar-benar nyaman dan menikmati. Bahkan bisa saja waktu mandi menjadi waktu kesukaan si Kecil. Kucuran air yang menyegarkan dan sentuhan Bunda memberikan kehangatan tersendiri buat bayi. Nah, setelah beberapa waktu Bunda juga bayi akan menemukan rutinitas yang tepat dalam kegiatan sehari-hari, seperti waktu menyusui, mandi juga tidur.

Salam sayang.

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *