Heatlh

Social Distancing, Apa dan Bagaimana Dampaknya Terhadap Virus Corona Covix-19

Haii,

Bagaimana seminggu ini di rumah? Setelah ada berita untuk melakukan aktivitas selama 14 hari di rumah tentu diharapkan penyebaran virus Covix-19 berkurang, tetapi ternyata hasilnya belum seperti yang diharapkan. Hastag dirumah saja ternyata masih menjadi PR untuk semua. Himbauan tersebut bisa jadi memang belum dipahami oleh semua orang sehingga masih ada anggapan bahwa virus ini sama seperti virus lainnya. Padahal penyebarannya begitu cepat.

Setiap harinya saya dan keluarga selalu mengupdate informasi seputar virus Corona Covix-19. Sebenarnya update tidak hanya melalui berita, tetapi hampir di semua media termasuk grup WA sudah tersajikan. Ya, virus Corona jadi fenomenal di semua lini media, tetapi kita perlu berhati-hati atas semua informasi yang diterima supaya tidak terkena info hoax. Baca menyikapi-berita-hoax-virus-corona-covix-19

Himbauan demi himbauan pun disampaikan oleh pemerintah agar semua masyarakat bisa memahami kondisi yang terjadi, virus ini sudah menjadi pandemi global sehingga tidak bisa kita anggap remeh begitu saja. Salah satu himbauan dengan melakukan social dispancing, apa sih sebenarnya? Apakah sudah dipahami tujuannya oleh semua orang? Lalu hal lain apa yang perlu diperhatikan?

 

Apa sih Social Dispancing?

Yaitu menjaga jarak antara satu orang dengan orang lainnya, minimal 1 meter. Ini menjadi himbauan yang penting dilakukan. Tujuannya untuk mengurangi resiko penyebaran virus ini. Saya yang merupakan orang awam awalnya memang tidak tahu apa dan bagaimana sih virus Corona ini dan apa bedanya dengan virus yang lain. Namun, semakin gencarnya berita dan informasi yang tersebar luas bikin saya tahu sedikit demi sedikit, terlebih dengan semakin banyaknya korban yang terkena virus ini.

Seperti yang kita tahu, Covix-19 bermula penyebarannya di kota Wuhan Cina bulan Desember 2019.  Lalu dalam waktu 3 bulan penyebarannya sudah mencapai banyak 185 negara dengan jumlah kasus positif terinfeksi mencapai 275.189 (sumber : suara.com ), sehingga dinyatakan pandemi global. Apa tuh? Virus yang penyebarannya sudah sangat meluas. Karenanya kita perlu memahami kenapa tindakan penularan perlu segera dilakukan, antara lain:

  1. Melakukan segala aktivitas di rumah, sehingga sekolah diliburkan selama 14 hari.
  2. Membersihkan benda-benda yang di sekitar yang sering digunakan.
  3. Menjaga etika batuk juga bersin.
  4. Berusaha selalu menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan.
  5. Kenakan masker.

Bagaimana penyebaran Covix-19?

Virus Corona Covix-19 merupakan virus yang baru, karenanya tim ahli membutuhkan waktu untuk melakukan pengenalan lebih mendalam mengenai virus ini, baik sifat juga cara penanganan yang tepat. Proses penyebaran yang cepat akan membuat semakin banyak orang yang tertular bahkan menjadi terinfeksi, kemudian membutuhkan penanganan yang cepat pula, sedangkan paramedis dan rumah sakit perlu persiapan dan perlengkapan yang memadai untuk penanganannya.

Jika jumlah penderita terus bertambah banyak sedangkan daya tampung rumah sakit kurang sesuai maka akan menimbulkan dampak baru. Inilah yang sebenarnya diantisipasi oleh pemerintah sehingga melakukan beberapa sikap preventif. Meski sudah banyak orang dan pihak yang menggaungkan mengenai virus ini, tak sedikit yang belum memahami dan masih menganggap remeh keberadaannya, akibat yang ditimbulkan jumlah penderita terus meningkat dari hari ke hari.

 

Tindakan apa yang sebaiknya dilakukan.

Pencegahan terhadap suatu penyakit tentunya akan jauh lebih baik. Virus Corona Covix-19 tidak bisa kita anggap remeh atau biasa saja karena tidak tahu apakah kondisi di sekitar kita benar-benar aman. Karenanya kita perlu selalu waspada dan berhati-hati, antara lain dengan :

  1. Ikuti himbauan pemerintah.
  2. Terus menjaga diri dengan tetap dirumah saja kecuali dalam kondisi penting.
  3. Menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat, dan cukup air putih.
  4. Mengingatkan anggota keluarga yang lain agar lebih aware dan berhati-hati.
  5. Menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.
  6. Mengenakan masker.
  7. Mengupdate informasi berdasarkan sumber terpercaya.

Virus Corona Covix-19 memang merupakan virus yang baru, karenanya kita perlu selalu menjaga diri sebaik mungkin. Bukan dengan mengabaikan semua himbauan dan menganggapnya remeh semata. Ulama dan pemerintah sudah memberikan penegasan akan kondisi yang sedang terjadi, maka sebaiknya kita memperhatikan dan mematuhi himbauan tersebut.

Jumlah penderita semakin hari terus meningkat dan jumlah kematian juga bertambah, akankah kita semakin tidak peduli dengan kondisi yang sedang terjadi. Informasi dan video yang tersebar di berbagai media memberikan gambaran bagaimana virus Corona Covix-19 ini, semakin kita tidak peduli maka penyebarannya akan semakin meluas. Maka yuk sama-sama kita menjaga diri dan keluarga sebaik mungkin dengan memutus penyebaran virus ini. Hastag tetap di rumah akan memberikan manfaat untuk kita dan sekitarnya.

Memang bukan hal yang mudah melakukan aktivitas terus di rumah, tetapi jika banyak kebaikan yang kita dan keluarga dapatkan, kenapa tidak. Proteksi diri terus dilakukan dan doa terus dipanjatkan agar kita dan keluarga terus terjaga dan terlindungi dengan baik. Semoga virus ini segera teratasi dan berlalu.

 

Salam.

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *