Parenting

7 Manfaat Mandi Untuk Bayi yang Akan Selalu Diingat Bunda

Mandi bagi anak-anak jadi bagian yang menyenangkan, ajang bermain ceria bersama percikan air yang membuatnya betah berlama-lama. Namun, sedikit berbeda dengan bayi. Tubuh kecilnya masih belajar melakukan penyesuaian dengan kondisi menyenangkan yang saat ini ada disekitarnya. Umumnya waktu mandi bayi adalah dua kali sehari, tetapi bisa juga disesuaikan dengan kondisi bayi ya. Bagi saya waktu memandikan bayi itu benar-benar menyenangkan, bikin saya semangat deh, menyiapkan semua keperluannya dahulu satu per satu supaya saat mandi saya tidak kerepotan mencarinya. Suhu air benar-benar dipastikan hangat dan perlengkapan setelah mandi juga disiapkan dengan baik penataannya, biar tidak bingung nantinya.

Meski waktu mandi jadi bagian yang dinanti, tetapi buat Bunda ini jadi bagian yang cukup mendebarkan. Betul nggak sih? Karena tubuhnya masih kecil sehingga kita perlu berhati-hati saat menggerakkannya, khawatir licin, selain itu juga kondisi kulitnya yang masih sensitif. Meski demikian mandi punya beberapa manfaat yang perlu Bunda ketahui.

Bonding Time

Mandi menjadi moment yang menyenangkan buat Bunda dan buah hati. Adanya keterikatan melalui sentuhan, komunikasi juga tatapan mata membuat bayi lebih mengenal Bunda dan merasakan kasih sayang yang Bunda berikan. Sentuhan kasih sayang Bunda akan memberikan energi untuk perkembangan bayi.

Mandi menjadi moment yang menyenangkan. Bonding yang terjalin akan semakin menguatkan cinta kasin Bunda dan bayi. Bahkan bisa menjadikan bagian yang akan selalu diingat.

 

Melindungi Kesehatan Kulit

Usia 0-3 bulan kondisi kulit bayi yang masih sensitif, sehingga Bunda perlu berhati-hati saat memberikan perawatan pada tubuh kecilnya. Selain suhu airnya sesuai, pemilihan shampo dan sabun yang berkualitas dan sudah teruji klinis akan mampu memberikan perlindungan yang tepat untuk kulit bayi. Mandi akan membuat kondisi kulitnya menjadi terjaga.

 

Bayi Jadi Mudah Tidur

Kesegaran yang bayi rasakan saat mandi juga sentuhan lembut Bunda akan membuatnya mudah tertidur dengan nyenyak. Waktu tidur yang cukup akan membantu tumbuh kembangnya lebih optimal.

Jadi Waktu Bermain

Mainan kecil, sentuhan tangan Bunda juga komunikasi yang Bunda lakukan, menjadi waktu bermain yang menyenangkan untuk bayi. Kucuran air hangat yang mengenai tubuhnya membuat bayi begitu menikmati kesegaran yang ada. Bahkan membuatnya benar-benar menikmati kenyamanan bersama kesegaran air.

 

Mampu Merangsang Perkembangan Indera Bayi

Waktu mandi tidak hanya memberikan kesegaran saja, tetapi sentuhan lembut yang Bunda lakukan mulai dari kepala hingga telapak kaki mampu memberikan rangsangan terhadap organ tubuhnya. Karenanya saat mandi menjadi moment yang lama untuk Bunda memberikan sentuhan dan komunikasi pada bayi. Sentuhan yang Bunda berikan mampu merangsang perkembangan kognitif dan emosional bayi.

 

Menenangkan Bayi

Selesai mandi, tentunya Bunda tidak langsung menidurkan bayi, tetapi memberikan sentuhan dengan minyak telon yang memberikan kehangatan pada tubuhnya melalui usapan lembut yang Bunda lakukan. Skin to skin tersebut akan membuat bayi menjadi lebih nyaman, menenangkan dan membuatnya tertidur dengan nyenyak.

 

Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa

Komunikasi yang Bunda lakukan akan membuat bayi merasa lebih dekat. Mengenal dengan baik bagaimana suara Bunda tercintanya dan hal ini juga mampu meningkatkan kecerdasan berbahasanya kelak.

 

Senangnya menikmati kebersamaan dengan buah hati tercinta di saat seperti ini. Seru dan menyenangkan, bahkan akan menjadi moment yang dirindukan nantinya. Tidak hanya bayi yang akan merasakan kesegaran percikan air, tetapi juga cinta kasih Bunda akan terus bersemi untuk membersamai tumbuh kembangnya.

 

Salam sayang.

Referensi : id.theasianparent.com/

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(2) Komentar

  1. Hihi, bener banget. Anak saya juga seneng banget kalo diajakin mandi. Malah gamau udahan 😂😂

    1. Pokoknya mandi jadi rutinitas yang bikin anak senang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *