Lifestyle

Pasar Tradisional atau Modern? Yuk, Nikmati Kenyamanan Berbelanja di Pasar

Pasar, Sayur Sayuran, Taman, Asia, Jepang
Pasar sayuran. (Sumber : Pixabay)

Hai …. Apa yang akan kamu pilih kalau ada pertanyaan, lebih suka belanja di pasar atau di supermarket? Apakah akan lebih banyak menjawab pilih pasar, atau pilihannya justru jatuh ke supermarket?

Pastinya kedua tempat ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya. Namun, bagi ibu-ibu rasanya belum afdol kalau belum berbelanja di pasar. Apa saja sih kelebihan kedua tempat ini?
Belanja di pasar tradisional
Kenapa ibu-ibu senang berbelanja di pasar? Karena berbelanja di pasar, ada beberapa kenikmatan yang didapatkan, seperti harga lebih murah, lebih lengkap, banyak pilihannya, bisa memilih sesuai keinginan, dll. Hal inilah yang membuat pasar menjadi pilihan berbelanja yang menyenangkan.     

Kelebihan yang lain adalah kondisi pasar semakin hari makin menarik. Dulu pasar selalu identik dengan bau, becek, ah pokoknya kondisi yang tidak nyaman deh, tetapi sekarang pasar mulai berkembang menjadi pasar modern. Penataannya rapi, tidak becek. Memang belum semua pasar mengalami perubahan seperti ini, tetapi paling tidak kesan pasar sudah ada perubahan.

Saat pagi hari, banyak yang sudah datang ke pasar untuk berbelanja. Semua penjual bergelut dengan para pembeli masing-masing yang berkerumun. Meski sibuk, penjual tetap memberikan pelayanan yang baik, tawar menawar pun kerap dilakukan dan uang yang dibayarkan sesuai dengan kesepakatan. Penjual meraup untung dan pembeli pun merasa puas. Inilah pasar, pusat bertransaksi dan tempat perputaran uang. 
Supermarket, Warung, Pendingin, Pasar, Makanan, Segar
Supermarket menjadi pilihan. (Sumber : Pixabay)
Keberadaan supermarket
Untuk di kota besar, bisa jadi keberadaan pasar mulai kurang di lirik, bila dibandingkan dengan supermarket. Karena supermarket kondisi tempatnya jauh lebih menyenangkan. Selain bersih juga menyediakan semua keperluan yang di butuhkan (sesuai dengan namanya, supermarket).

Supermarket memberikan harga yang sudah di banderol dan pembayarannya pun sesuai dengan harga yang tercantum. Beruntung jika sedang ada promo, harganya menjadi lebih murah dari biasanya. Promo diadakan juga bisa kapanpun, misalnya saat awal ataupun akhir pekan, tergantung kebijakan setiap supermarket. Harga yang kompetitif dan promo yang diadakan membuat pembeli menjadi semakin tertarik dan akan segera berburu untuk memborong kebutuhannya di sana.  
Pilihan berbelanja
Menilik dari kelebihan kedua tempat berbelanja ini, maka setiap insan tentu mempunyai kenyamanan yang berbeda. Semakin hari tempat berbelanja semakin dibuat menarik, nyaman dan mudah di jangkau. Pasar tradisional yang identik dengan lengkap dan murahnya,sedangkan supermarket menarik dengan promo-promonya juga  tidak mau kalah saing adalah keberadaan minimarket. Ya, saat ini keberadaan minimarket juga semakin banyak dan mudah dijangkau.

Kelebihan setiap tempat ini memberikan warna dalam penjualan dan memaju minat daya beli. Pasar meskipun lengkap dan murah jika tidak mampu memberikan pelayanan yang menyenangkan maka nantinya akan dialihkan oleh para pelanggannya. Begitupun supermarket, meskipun lengkap dan menarik promonya, tetapi jika kurang memberikan pelayanan yang memuaskan maka pembeli akan pindah ke supermarket yang lain.
Buying vegetables Free Photo
Pasar modern. (Sumber : Freepik)
Berbelanja memang bisa dilakukan dimanapun, asalkan kita merasa nyaman dengan tempatnya. Meski tempatnya terbilang biasa, tetapi pasar tradisional tetap disukai. Adanya kedekatan dan interaksi antara penjual juga pembeli, harga yang murah juga banyaknya pilihan menjadi suatu kelebihan pasar yang tak terbantahkan. Saat inipun pasar tidak identik dengan kotor dan bau lagi, karena mulai diberdayakan pembangunan pasar modern.

Pasar dengan segala keramaiannya memang tetap memberikan kesan dan menyenangkan. Diharapkan semakin hari kondisi pasar semakin memberikan image yang berbeda, yaitu bersih dan semakin nyaman. Harapan ke depan, semoga semakin hari, pasar tradisional semakin lebih baik. Kebersihannya terus terjaga dan penjualnya amanah dan bukan semata ingin meraup keuntungan saja. Insya Alloh.


Semoga bermanfaat.
 

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(6) Komentar

  1. aku suka modern, karena tidak perlu tawar menawar dan barang sudah pasti lolos uji, tapi tradisional yang tertata apik juga menyenangkan sih 🙂

  2. Aku lebih senang ke pasar tradisonal. Lebih murah, hehehe

  3. Sekarang banyak pasar online juga ya mb, hehee

  4. Jadi lebih kompetitif ya.

  5. Wah sama nih. Lebih murah dan bisa saling menawar. hehehe.

  6. Apapun pilihannya tetap enak dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *