Mobil-kamu-rusak-parah

Mobil Kamu Rusak Parah? Ikuti Cara Berikut!

Beberapa waktu belakangan, Indonesia mulai memasuki musim hujan. Tidak main-main, di beberapa wilayah bahkan sampai menyebabkan badai berkepanjangan. Banyak hal yang seringkali terjadi di musim hujan seperti ini, mulai dari pohon tumbang, banjir, hingga tanah longsor. Di beberapa wilayah di Indonesia, kondisi banjir sudah memasuki tahap merusak yang parah. Tidak hanya menenggelamkan rumah dan kendaraan pribadi, tetapi juga menghanyutkan berbagai barang pribadi dan mobil. Hujan deras diiringi angin kencang juga tidak kalah main dampaknya, baru-baru ini di daerah Jakarta kita menemukan berita pohon tumbang karena kencangnya tiupan angin. Tidak jarang pohon tumbang tersebut menimpa mobil yang sedang diparkirkan di bawah pohon tersebut. 

Hal yang telah disebutkan sebelumnya, tentunya mampu memberikan kerusakan yang parah pada kendaraanmu. Apabila hal tersebut terjadi menimpa kamu, kira-kira apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu sudah mengasuransikan kendaraan mu? Apakah asuransi kendaraan mobil mu dapat mengcover kerusakan yang terjadi pada kendaraanmu? Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan ketika hal tersebut terjadi menimpamu.

1.Pastikan ulang polis asuransi mobilmu

Sebelum kamu melakukan laporan klaim kepada perusahaan penyedia produk asuransimu, sangat disarankan untuk kamu mengecek terlebih dahulu polis asuransi mobil mu. Pastikan jenis asuransi yang kamu miliki, apakah asuransi all risk atau total loss only. Kedua jenis asuransi tersebut memiliki manfaat yang jauh berbeda satu sama lain. Untuk All risk, kamu dapat melaporkan klaim atas berbagai macam jenis kerusakan, mulai dari ringan hingga kasus kehilangan. Namun, hal yang berbeda ada pada jenis asuransi TLO yang hanya dapat mengcover kerugian yang nilainya lebih dari 75% dari nilai kendaraan dan kerugian akibat kehilangan. Pastikan manfaat-manfaat yang dapat kamu terima berdasarkan polis yang kamu miliki.

2. Lapor klaim dan siapkan dokumen pendukung klaim

Langkah berikutnya setelah kamu memastikan lebih lanjut bagaimana kerusakan yang dapat ditanggulangi oleh asuransi mu, kamu dapat melaporkan kerusakan yang kamu alami ke perusahaan penyedia jasa asuransimu. Biasanya, mereka menggunakan nomor hotline/CS untuk membantu kamu melaporkan klaim kamu. Pastikan kamu melaporkan paling lambat lima hari kerja sejak terjadinya kerusakan yang menimpa kendaraanmu. 

Setelah kamu melaporkan klaim mu, kamu juga perlu menyiapkan dokumen pendukung yang dapat membantu proses klaim asuransimu. Biasanya dokumen terdiri dari lembar polis asuransi, form klaim asuransi yang sudah diisi sesuai produk yang kamu miliki, foto-foto kerusakan mobil kamu sesaat setelah kejadian yang dapat memperlihatkan seberapa besar kerusakan yang terjadi pada mobilmu. Sampaikan dokumen tersebut ke pihak penyedia jasa asuransi mu.

Saat ini, beberapa perusahaan penyedia jasa asuransi mampu menerima laporan klaim secara digital melalui situs perusahaan asuransi atau bahkan aplikasi yang dimiliki. Hal ini dapat mempermudah kamu dalam melakukan lapor klaim asuransi.

2. Cek dan pilih bengkel rekanan

Selanjutnya, kamu dapat mendatangi bengkel yang menjadi rekanan asuransimu. Pilihlah bengkel yang dekat dengan tempat tinggalmu atau dekat dengan tempat kejadian yang menimpa mobil kamu. Hal tersebut akan membantu kamu dalam memindahkan mobilmu sesegera mungkin ke bengkel.

4. Lengkapi formulir klaim dan menunggu konfirmasi

Langkah berikutnya adalah kamu perlu mengisi formulir klaim yang ada pada bengkel rekanan yang kamu tuju. Apabila formulir sudah ditandatangani, pihak bengkel akan melakukan konfirmasi ke perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi mu. Setelah konfirmasi diterima dan pengajuan klaim kamu disetujui, maka mobil kamu dapat segera diperbaiki.

Nah, itu dia beberapa langkah yang kamu perlu lakukan ketika mobil kamu mengalami kerusakan parah. Jangan panik ketika mobil kamu mengalami kerusakan lagi.

 

Salam,

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *