Menjaga Nikmat Yang Allah Berikan

Hai, apa kabar sahabat?
Sudahkah kita bersyukur atas semua karunia yang Allah SWT berikan? Nikmat yang Allah SWT berikan sungguh tak terkira dan kita tidak akan sanggup menguraikannya satu per satu. Allah Maha Kuasa atas segala-Nya.
 
“… Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”
(QS. Ibrahim : 7)
 
Bentuk rasa syukur bisa ditunjukkan dalam berbagai hal. Bila kita mengamati yang ada di sekitar, maka kita bisa melakukan banyak evaluasi. Misalnya tanaman yang dibiarkan tumbuh begitu saja, tidak dijaga kebersihannya, sampah beterbangan kemana-mana hingga membuat pemandangan menjadi kurang nyaman.
 
Lalu apakah hal yang demikian menunjukkan kita sudah bersyukur akan nikmat yang Allah berikan?  Jawabannya belum. Kita belum melakukan apa yang semestinya. Padahal kita sudah memahami bahwa kebersihan itu sangatlah penting, tetapi kita tidak mempedulikannya.
 
Pada sebagian yang lain, dengan jiwa kepedulian yang sangat tinggi untuk lingkungan sekitarnya, seorang warga mau melakukan banyak perubahan. Awalnya dimulai dari lingkungan rumah dahulu kemudian mencoba bertahap mengajak warga yang lain untuk ikut berpartisipasi dan alhasil tanaman yang ada di sekitar menjadi subur, penataannya rapi, disirami secara rutin, hingga terciptalah lingkungan yang asri dan sejuk.
 
Benarlah adanya bahwa jika kita bersyukur maka Allah akan menambahkan kembali nikmat-Nya kepada kita. Lingkungan yang bersih tidak hanya membuat keadaan menjadi asri, tetapi kondisi orang sekitarnya juga menjadi lebih sehat.
Inilah hikmah yang saya dapatkan saat bersilaturahmi, bisa berkenalan dengan seorang ibu yang memiliki jiwa kepedulian yang tinggi dengan lingkungannya. Niatnya semata untuk mensyukuri semua nikmat yang Allah SWT berikan.
 
Terima kasih Bu, pengalaman ini menjadi hal yang sangat berharga untuk saya. Bahwa semua kerja keras yang diniatkan untuk sebuah kebaikan maka suatu saat akan membuahkan hasil yang luar biasa.   
 
Semoga semakin hari kita bisa menjadi insan yang lebih baik dengan bersyukur atas semua nikmat yang telah Allah berikan, juga mampu menjaganya sebaik mungkin.   

 

Salam,

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *