Inspirasi

Semua Makhluk Bertasbih Kepada-Nya

Alam dan isinya bertasbih hanya pada Alloh SWT (Sumber : Pixabay)

Bismillahirrohmanirrohiim.
Alam dan seisinya adalah milik Alloh SWT, yang diciptakan dengan segala karunia untuk membantu kehidupan semua makhluk ciptaan-Nya. Ya, Alloh SWT menciptakan semua untuk dijaga, pelihara, dirawat sehingga mampu menopang kehidupan semua insan dan makhluk Alloh yang lain, binatang, tumbuhan, dll.

Hakikat kehidupan adalah untuk beribadah kepada Alloh semata, sehingga semua makhluk yang ada di muka bumi ini selalu bertasbih kepada Alloh. Alloh Ta’ala berfirman,

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Alloh. Dan tak ada suatupun melainkn bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.”
(QS. Al-Isra’ : 44)

Lalu sebagai insan yang paling sempurna, apa yang sebaiknya kita lakukan?
Menjaga amalan yang Alloh perintahkan
Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan penuh kesempurnaan. Maka sudah selayaknyalah kita selalu bersyukur atas semua karunia yang Alloh berikan. Ya, dengan selalu bersyukur maka Alloh SWT akan menambahkan nikmat-Nya. Ditengah kesibukan kita sehari-hari, berusaha untuk selalu dapat menempatkan posisi kapan menjalankan yang wajib dan kapan melakukan kegiatan rutinitas yang lain. Semua yang kita lakukan hendaknya tidak membuat kita lalai.
Menjalankan salat (Sumber : Pixabay)
Bagi umat muslim, Alloh memerintahkan untuk menjalankan salat 5 waktu. Ya, hanya 5 waktu dalam 24 jam. Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Bukanlah hal yang menyulitkan ditengah berbagai kesibukan sehari-hari. Namun, ujian untuk menjalankannya yang membuat insan terkadang menjadi lalai.  

Semua kembali pada setiap insan kembali. Akankah ia mampu membendung segala godaan yang menerpanya, sehingga dapat terus menjaga keimanan ditengah keramaian kehidupan? Bila kemauannya kuat maka ia akan terus istiqomah menjalaninya sebaik mungkin. Berusaha untuk terus menjaganya hingga akhir hayat, karena kepada-Nya semua akan kembali. Tak akan ada yang kekal abadi di bumi ini.
  

Menjaga alam semesta
Keindahan alam semesta (Sumber : Pixabay)
Alam semesta diciptakan untuk memenuhi semua kebutuhan manusia. Lahan pertanian, hasil laut dan hasil bumi, menjadi sumber kehidupan manusia. Begitupun dengan tanaman dan binatang yang ada di sekitar kita. Semuanya harus kita jaga sebaik mungkin. Tanpa dirawat dan dipelihara maka keberlangsungan hidupnya hanya sesaat saja, lalu punah.Tentu bukan seperti ini yang kita harapkan.  

Sesuai dengan firman Alloh SWT diatas, bahwa segala yang ada di langit selalu bertasbih kepada-Nya, termasuk tanaman dan binatang yang selalu membersamai kita selama ini. Semua bertasbih, memuji kebesaran Alloh semata. Dengan demikian  apakah kita masih ingin merusak dan mengabaikannya?

Keberadaan tanaman dan binatang untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, tetapi manusia sering kali lupa bahwa makhluk tersebut juga harus dirawat dengan sepenuh hati, sehingga keberadaannya tidak hanya disaat kita membutuhkannya saja, tetapi dapat terus tumbuh dan berkembang biak dengan lebih baik dari hari ke hari. Kelestarianlah yang patut terus dijaga dengan sebaik-baiknya.

Tanaman dan binatang baru sebagian dari banyaknya benda di alam semesta ini. Air, gunung, tanah dan benda lainnya juga harus terus dijaga dengan baik. Semesta dan isinya adalah milik Alloh.
   

Epilog
Indahnya kehidupan ini bila kita semua dapat saling menyayangi dan memelihara. Tanaman juga hewan dapat hidup serta terus berkembang biak dengan tenang dan damai. Manusia pun menjalani kehidupannya dengan menjaga alam semesta. Suatu keharmonian alam yang indah. Semoga kita terus membenahi diri, menjaga alam dengan sebaik mungkin dan mengasihi dengan sepenuh hati agar terus mampu tumbuh dan berkembang lebih baik sehingga memenuhi kebutuhan hidup kita semuanya dari hari ke hari.

Semoga tangan jahil yang mengganggu alam semesta juga mampu dibukakan hatinya dan memperbaiki segala kesalahan yang sudah dilakukan. Tidak lagi hanya ingin memenuhi kebutuhan pribadinya semata, tetapi mau melestarikan alam dengan sepenuh hati. Ingat kembali bahwa semua yang ada di alam semesta ini adalah milik Alloh dan selalu bertasbih kepada-Nya.
Semoga bermanfaat.          

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(2) Komentar

  1. Mantap….semoga setelah tulisan ini diposting…banyak yang sadar untuk mencintai dan menjaga lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *