Lifestyle

5 Cara Melindungi Diri dari Covid-19

Perjuangan untuk menjaga diri dari pandemi Covid-19 terus kita lakukan. Semua bersatu padu memutus rantai penyebaran virus fenomenal ini. Himbauan dan peringatan terus disampaikan agar kita sama-sama memahami dan terus bekerja sama menghadapi kondisi yang saat ini terjadi.

Memang sih bosan rasanya #dirumahsaja tapi yang melakukan ini kan bukan hanya kita saja, semuanya melakukan hal sama. Kalaupun ada yang masih ada di luar, bukan berarti mereka tidak peduli, tetapi mereka melakukan suatu hal penting seperti belanja keperluan di rumah, tetap melakukan pekerjaan karena tugas mereka membantu kelangsungan hidup kita, dll. Terus bagaimana kita melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dari virus Covid-19 ?

No panik

Ya, banyaknya informasi yang beredar mengenai Covid-19 membuat kita takut dan merasa khawatir, terlebih semakin hari jumlah yang positif  terinfeksi terus meningkat. Akibat dari informasi hoax adalah memborong bahan makanan, masker, pengukur suhu, dll, karena berusaha melindungi diri dan keluarga dari kondisi saat ini. Panik membuat kita kurang berpikir dengan jernih, karena hanya dibayangi ketakutan dan kekhawatiran. Panik juga bisa bikin kita makin tambah strees, nah lho, jadi tambah berisikokan.

Kepanikan juga memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh, yaitu sistem imun jadi menurun. Padahal salah satu cara melindungi tubuh dari Covid-19 adalah menjaga sistem imun tubuh tetap optimal. Bolehlah kita khawatir, tetapi sebaiknya kita juga memastikan kembali kebenaran yang ada, seperti melakukan pengecekan lebih lanjut informasi yang di dapat melalui situs terpercaya, sehingga kita bisa mengambil tindakan yang tepat dan tidak merugikan banyak orang.

Menjaga pola hidup sehat

Saat ini semuanya diminta untuk terus menjaga diri dengan #dirumahsaja dan sebenarnya ada banyak hikmah di dapat, seperti bisa cukup istirahat, menjaga asupan nutrisi yang baik, meningkatkan bonding dengan keluarga dan bisa melakukan olahraga juga secara rutin.

Ini yang patut kita jaga saat ini, supaya kondisi tubuh juga bisa tetap sehat dan imun tubuh optimal. Kebosanan yang dirasakan bisa dialihkan dengan melakukan kegiatan yang menjadi kesukaan kita, seperti baca buku, main dengan anak-anak, ngoprek menu untuk menghasilkan menu baru, membuat kreasi baru yang lebih inovatif atau menuangkan segala ide dan gagasan melalui tulisan. Jangan biarkan rasa bosan itu terus menghantui kita, tapi musnahkan agar kita bisa selalu happy.

 

Menjaga kebersihan diri

Bersih itu sehat. Bersih itu mampu membasmi virus Covid-19 yang ada di dekat kita, karena sebenarnya virus ini akan luruh jika kena air. Karenanya kita disarankan untuk menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun setelah menyentuh benda yang sudah di pegang oleh orang lain atau bisa juga menggunakan hand sanitizer.

Kebersihan akan memutus rantai penyebaran Covid-19 sehingga jumlah yang terinfeksi bisa semakin berkurang. Selain menjaga kebersihan diri, kita juga perlu memperhatikan bagaimana kondisi lingkungan di sekitar kita. Rumah dan sekitarnya yang bersih akan membuat kuman menjauh dan sejauh mata memandang akan terlihat keindahan.

 

Ikuti himbauan dinas kesehatan dan pemerintah

Pemprof, dinas kesehatan dan pemerintah terus bekerja sama untuk mengatasi kondisi saat ini, dengan menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat agar dapat melaksanakannya sebaik mungkin. Kenapa? Ya, karena kita semua ingin Covid-19 segera hilang dan aktivitas kita dapat dilakukan lagi secara normal. Namun, bagaimana akan jadi nyata kalau himbauan hanya dianggap angin  yang lewat begitu saja.

Disarankan untuk mengenakan masker, tetapi masih saja menganggap itu tidak penting. Diminta untuk tidak mudik, tetapi masih memaksakan diri untuk pergi juga. Maunya bagaimana sih? Tanpa ada kerja sama dengan semuanya kita tidak akan berhasil memutus rantai penyebaran virus ini dan masa kita #dirumahsaja akan jadi semakin panjang.

Freepik

Dekatkan diri dengan Sang Ilahi

Semua yang terjadi pada kita, tentu tak bisa dilepaskan dari kuasa Sang Ilahi. Maka hanya kepada-Nyalah kita menyerahkan segaranya. Berdoa dan terus mendekatkan diri agar dapat terus memberikan perlindungan dari kondisi yang saat ini terjadi.

Hal yang sebelumnya mungkin sulit dilakukan, saat ini jadi lebih mudah diwujudkan seperti salat berjamaah dengan keluarga, menjaga tilawah, baca buku spiritual untuk lebih memahami hakikat kehidupan ini juga bersedekah sesuai kemampuan. Semakin dekat dengan Sang Ilahi, kepasrahan dan ketenangan itu semakin dirasakan.

 

Covid-19 kapan kau akan pergi meninggalkan kami. Semua negeri telah kau jelajahi hingga membuatmu terkenal. Banyak yang menderita karena kehadiranmu, karenanya segeralah pergi dan jangan kembali lagi. Sudah cukup kami mengenalmu dan tak ingin berlama-lama terpaku karenanya kami terus berusaha melindungi diri agar terjauh darimu.

Yuk, bersama-sama mematuhi himbauan yang telah disampaikan. Semua dilakukan untuk kepentingan kita, tanpa terkecuali tentunya.  Kita pasti bisa dan dengan kebersamaan juga kita akan semakin kuat dalam mewujudkan harapan indah itu.

 

 

Salam.

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *