Lifestyle

Mengatur Keuangan Agar Penuhi Keinginan

Mengatur Keuangan Agar Penuhi Keinginan

Ђคll๏ … Siapa sih yang nggak mau menata dan mengatur keuangan agar penuhi keinginan kita. Terlebih sejak pandemi datang, kondisi keuangan jadi menurun atau terjadi pergolakan. Tak sedikit juga yang kehilangan pekerjaan karena terjadi pengurangan tenaga kerja. Masih banyak dampak lain yang terjadi disekitar kita. 

Tips Mengatur Keuangan agar Penuhi Keinginan

1.Sedekah

Sedekah tidak hanya menunjukkan kepedulian dan kasih sayang dengan sesama. Ada banyak hikmah yang bisa kita dapatkan dengan bersedekah, antara lain : 

  • Mampu membersihkan rezeki yang kita miliki
  • Memberikan ketenangan hati
  • Menghindarkan dari malapetaka
  • Memperpanjang usia
  • Mendekatkan diri dengan Sang Khalik
  • Mendapat jaminan di hari akhir
  • Mendapatkan pahala yang berlipat

Bersedekah bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Bisa dalam bentuk materi, tenaga juga senyum. 

“Senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi)

Atur Keuangan Saat Berhutang

 

2. Melunasi hutang

Hutang yang belum terlunasi atau terus bertambah akan membuat jumlah uang yang disimpan menjadi minim. Hal ini akan membuat kita memikir ulang kembali saat menginginkan suatu. Termasuk dengan dengan alokasi hutang untuk pembelian rumah. Kondisi ini tentu sudah melalui pertimbangan yang matang dan menyesuaikan diri dengan pendapatan yang kita miliki. 

Ketika mendapatkan uang hutang, rasanya memang menyenangkan karena kita memegang sejumlah uang di tangan. Namun saat uang tersebut sudah digunakan dan habis, barulah kita berpikir bagaimana proses pengembaliannya. Ada yang mampu menunaikan sesuai janji yang disepakati, tetapi juga ada yang sebaliknya. 

Tidak sedikit dampak yang ditimbulkan karena berhutang, seperti terjadi pertengkaran, putus hubungan, timbul prahara dan kejadian lainnya. 

Berhutang tidaklah salah selama kita mampu benar-benar amanah dalam penggunaan dan pengembaliannya. Sedikit saja kita lengah maka akan merugikan kita sendiri. 

3. Berinvestasi

Menentukan pilihan untuk melakukan investasi membutuhkan perjuangan karena bertujuan untuk periode jangka panjang. Ada banyak pilihan investasi yang bisa kita pertimbangkan. 

Berinvestasi dengan mengatur keuangan agar penuhi keinginan jangka panjang bisa menjadi pilihan. Misalnya ingin menunaikan ibadah haji bersama keluarga atau suami maka bisa dari hasil investasi. 

Atur Keuangan untuk Sale

4. Mengatur Pengeluaran Konsumsi

Pengeluaran konsumsi yaitu dana yang dikeluarkan yang sifatnya habis terpakai. Misalnya untuk membeli bahan makanan atau makanan jadi, pakaian, keperluan rumah tangga juga termasuk membayar kontrakan. 

Pengaturan konsumsi perlu memiliki anggaran yang jelas agar kondisi keuangan tetap aman dan terkendali. Semudah itukah? Nggak juga sih karena banyak godaan yang menghadang. 

Saat diri sudah memantapkan hati, tiba-tiba ada great sale, pengeluaran tak terduga, atau anggota keluarga sakit. Otak kita akan berpikir keras. Anggaran keuangan dihitung-hitung kembali agar tetap bisa terkendali sampai mendapatkan pemasukan lagi. 

5. Menambah Pendapatan Baru

Tidak sedikit dari kita yang berani merintis usaha baru. Awalnya dikelola sendiri, kemudian setelah kurun waktu tertentu sudah menambah tenaga baru. 

Tentu butuh keberanian dalam menjalankan hal ini karena tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Melihat kesuksesan pengusaha yang berhasil tentu menyenangkan. Namun saat mencoba melakukan sendiri rasanya wow banget. 

Merintis usaha bisa dimulai dari hobi, talenta yang dimiliki, jadi reseller, francise (waralaba) atau mengembangkan usaha keluarga. Apapun bentuk usaha yang dilakukan yang terpenting dapat dikelola dengan baik sehingga nantinya dapat berkembang sesuai harapan. 

 

Baca juga : Kelola Investasi Saat Pandemi 

 

Mengatur Anggaran

Pendapatan yang kita miliki perlu diatur sedemikian rupa agar tidak lebih besar pasak daripada tiang. Pengeluaran over. Berusaha untuk mengendalikan diri agar tidak menjadi pribadi konsumtif. 

Kenapa? Karena bisa membuat kita menderita. Alokasi anggaran jadi tidak jelas, pendapatan terus terasa kurang cukup, dan hutang semakin menumpuk. Duh jangan sampe ya. 

Berbelanja boleh, memanjakan diri juga tidak salah, tetapi tetap sesuai dengan kondisi yang ada. Berusaha lebih mengutamakan belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan. 

Baca juga : 

Penutup

Mengatur keuangan agar penuhi keinginan bisa dimaksimalkan sejak dini. Ada banyak cara yang dilakukan, sebagian seperti yang dijelaskan di atas. Namun bagaimana pengaturannya secara langsung disesuaikan juga dengan kondisi masing-masing. 

Sampai saat ini kita masih hidup berdampingan dengan pandemi. Meskipun kondisinya seperti saat ini bukan membuat kita merubah strategi untuk membuat anggaran pengeluaran. Adakah yang punya rencana untuk membuat usaha baru di tahun ini? Untuk mendapatkan tambahan pendapatan baru. Sharing yuk! 

Salam, 

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(2) Komentar

  1. saving tetep nomer satu dan lunasi hutang juga, jadi kalau ada keinginan untuk investasi, budget yang lain masih aman atau setidaknya ada simpanan juga

    1. Setuju Mbak. Punya simpanan penting banget karena sering terjadi hal yang tidak terduga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *