Masker saat pandemi

Masker Saat Pandemi, Bagaimana Penggunaannya

Hello … Sudah pakai masker belum nih? Apa sih manfaat masker saat pandemi ini? Eeits, masker yang dimaksud bukan untuk maskeran muka yang bisa membantu menjaga kecantikan ya, tetapi masker mulut yang saat ini banyak digunakan.  Jangan lupa ya, setiap keluar rumah pakai masker dulu. Kenapa sih sekarang,  selalu diingatkan untuk pakai masker? Begitu pentingkah penggunakannya?

Ya, inilah kondisi yang saat ini terjadi. Masker yang awalnya dianggap biasa saja, eee saat ini di cari-cari. Bahkan harganya ada yang sampai ratusan ribu lho. Woow bangetkan. Covid-19 membuat segalanya jadi berubah. Masker yang jarang kita pakai, saat ini justru sebaliknya, akan terus saat kita keluar rumah, bahkan boleh juga kalau di pakai didalam rumah.

 

Manfaat Masker Saat Pandemi

Penggunaan masker saat pandemi begitu penting. Fungsi untuk melindungi kita dari berbagai faktor yang ada di luar sana. Mulai dari debu, polutan, juga kuman. Intinya sebagai alat proteksi diri kita. Saat kita keluar rumah banyak hal tak terduga yang bisa saja terjadi, seperti ada orang yang batuk atau bersin sehingga dropletnya bisa saja mengenai kita. Droplet merupakan kuman penyakit mudah menyebar kemana-mana kemudian masuk ke dalam tubuh karena tersentuh tangan dan terhirup hidung hingga akhirnya masuk dalam saluran pernafasan. Inilah virus Covid-19.

Manfaat masker saat pandemi

Begitu pentingnya menggunakan masker hingga yang perlu memakainya tidak hanya orang dewasa saja, tetapi mulai dari anak-anak sampai orang tua semua perlu pakai. Perlindungan tubuh akan kondisi yang terjadi saat ini membuat kita jadi lebih berhati-hati dan tidak menganggap kondisi ini biasa saja. Boleh santai, tapi tetap menjalankan apa yang menjadi himbauan tim ahli kesehatan.

 

Mengenal Jenis Masker

Masker jenisnya sangat beragam, ada untuk medis yang berwarna hijau, masker N-95 dengan bahannya yang jauh lebih baik juga ada masker yang di buat sendiri, yaitu masker bahan.  Langkanya keberadaan masker membuat tim medis kesulitan untuk mendapatkannya. Sedangkan masker N-95 yang mampu menyaring partikel kecil di bawah 10 PM sebenarnya lebih dikhususkan untuk para medis, tetapi saat ini selain tim medis ada juga yang menggunakannya.

Manfaat penggunaan masker saat pandemi

Banyaknya berita hoax yang beredar membuat masyarakat membeli masker ini dalam jumlah banyak, untuk keluarga atau bahkan ada juga yang mencari kesempatan dengan  menjualnya pakai harga tinggi. Ooo tidak. Para medis membantu kita menjaga kesehatan maka sudah selayaknya tidak membuatnya susah, tetapi perlu membantunya agar semua tanggung jawabnya dapat dilakukan dengan baik.

Setelah dilakukan berbagai penelitian, maka diputuskan bahwa masker hijau dan N95 hanya ditujukan untuk tim medis saja. Sedangkan masyarakat dapat menggunakan masker dengan 2 lapisan bahan karena fungsinya pun tetap baik untuk perlindungan tubuh.

 

Baca : Social distancing,apa dan bagaimana penerapannya

Berita Hoax Masker Saat Pandemi

Social media memang memberikan dampak positif untuk kehidupan kita, tetapi adanya pihak tak bertanggung jawab membuat berita yang sebenarnya bohong menjadi terus di goreng hingga mengakibatkan kepanikan. Informasi seputar masker yang berkembang sejak awal datang Covid-19 sepatutnya dikaji kembali kebenarannya, agar apa yang kita lakukan sesuai dan tidak mengganggu kepentingan orang lain.

 

Salah satu berita hoax mengenai masker adalah penggunakan masker dari tisu basah. Faktanya? Proses pembuatan masker dari tisu basah memang mudah dan simple, tetapi sangat tidak disarankan untuk di pakai. Bagaimana mungkin tisu basah digunakan untuk masker, sedangkan kondisinya saja basah, akan memudahkan virus dan kuman menempel di sana.

 

Masker keberadaannya semakin bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh kita dari penyebaran kuman. Sesuai himbauan tim ahli bahwa masker yang saat ini kita gunakan adalah masker bahan 2 lapis, sedangkan masker hijau dan N-95 ditujukan untuk tim medis. Bagi yang awalnya belum terbiasa memakai, saat ini sudah jadi nyaman, walaupun ada juga yang masih berat menggunakannya. Itu adalah pilihan bagi yang memakai.

Proses penyebaran virus Corona Covid-19 perlu kita putus agar tidak semakin banyak orang yang dalam pengawasan (ODP). Salah satu cara memutus rantai penyebarannya dengan menggunakan masker, jadi bagi yang masih merasa berat menggunakan bisa coba di pertimbangkan lagi, karena jauh lebih banyak manfaat yang kita dapatkan dengan memakainya.

 

Salam sehat,

Share the article :

21 komentar untuk “Masker Saat Pandemi, Bagaimana Penggunaannya”

  1. Wah iya mbak, masker dr tisu basah memang sempat viral ya. Aku pun pas liat rasanya agak janggal karena kandungan tisu basah kan byk tuh ya. Takut ada zat2 yg memang nggak bisa dihirum dlm waktu lama untuk kesehatan kita. Sepakat bgt sih kl masker ini penting bgt, baik anak2, remaja, orang dewasa, ortu, lansia. Semua wajib pke masker. Semoga pandemi ini cepat berlalu yaa. Aamiin

    1. Waktu saya lihat videonya juga kelihatan aneh. Memang sih cara buatnya mudah, tapi itukan basah jadi kurang nyaman juga di pakainya.
      Aamiin. Semoga harapan ini bisa segera terwujud ya Mbak.

  2. Sekarang pake masker udah jadi kebutuhan banget ya, bahkan nggak tau kenapa kalo keluar rumah, kalo pake gamis selain harus matching sama warna kerudung, harus matching pula sama warna maskernya hahaha. Jadi aja sekarang harus punya masker berwarna-warni hehe, gapapa deh yang penting tetep ikutim protokol kesehatan yang ada.

    1. Wah kita sama nih. Kalau bisa maskernya pas warnanya sama baju yang kita pakai.
      Sekarang memang rasanya kurang afdol kalau keluar rumah nggak pakai masker. Apalagi kita tahu kondisi di luar belum benar-benar aman.

  3. iya, pernah baca tentang berita itu juga mbak. Lah pake masker basah kan malah nambah sesak ketika bernafas ya (ini menurut aku siy). Semoga kondisi segera benar-benar aman. aamiin.

  4. Betul banget Mbak. Masker harus selalu dipakai ya? terutama saat keluar rumah. Saya jadinya punya masker lumayan banyak, karena sehari wajib ganti walau keluar hanya sebentar. Semoga dunia normal kembali ya? Amin.

  5. Baru tahu ada masker dari tisu basah, Mbak.. Walau viral tapi sepertinya sy ketinggalan berita. Nggak kebayang itu masker basah tapi buat menjaga keamanan? Hiks. Alhamdulillah sekarang masker sudah muncul lagi di supermarket setelah sebelumnya hand sanitizer juga sudah ada.. 🙂

  6. Kalau daku sendiri untuk aktivitas lebih prever masker medis, karena nggak bikin megap megap daripada masker kain. Karan menggunakan masker kain bikin saya ngap ngap

  7. Pingback: Ingin Selalu Happy, Lakukan 4 Tips Ini - UmmiSyifa.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *