Parenting

Anak, Pribadi Yang Unik

                                                                  Image : kaboutjie.com

        Anak merupakan dambaan setiap keluarga. Bagi pasangan baru, umumnya ingin segera memiliki keturunan, generasi penerus keluarga nantinya. Bahkan berbagai cara coba dilakukan, untuk segera mendapatkan buah hati tercinta. Melakukan pantangan ini itu, minum ramuan ini itu dan masih banyak lagi. Setelah lahir, beberapa waktu kemudian, si Kecil pun tumbuh sehat dan semakin besar. Tapi kenapa memiliki karakter yang berbeda dengan ibu bapaknya?
Tidak hanya dengan orangtua saja, bahkan dengan saudara sekandungnya juga berbeda.

       Anak merupakan pribadi yang unik. Kenapa unik?
Karena karakternya tidak bisa disamakan baik dengan orang tua, saudara kandung juga saudara kembarnya sekalipun.

      Setiap anak memiliki pribadinya sendiri. Awal perkembangan dibentuk oleh keluarga, selanjutnya akan dipengaruhi oleh lingkungan dan pola pikirnya sendiri. Hal inilah yang membuat, kenapa kondisi lingkungan harus dikondisikan sebaik mungkin, tujuannya agar perkembangan anak bisa terjaga dengan baik.

      Setiap orang tua menghendaki anak-anak keturunannya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Adanya perbedaan karakter pada setiap anak merupakan sunnatullah. Perbedaan ini menjadi kenikmatan tersendiri, karena bisa saling melengkapi, menutupi dan membuatnya semakin erat.      Sebagai orangtua diharapkan bisa menahami hal ini. Tidak membandingkan antara satu anak dengan anak lainnya,  bahkan tidak juga membandingkan anak sendiri dengan anak orang lain. Ingatlah anak merupakan titipan Ilahi dengan kepribadian yang unik. Mantapkan pondasi yang kokoh di awal perkembangannya, seperti menjaga pendidikan agamanya, menguatkan rasa kepercayaan dirinya dan membentuknya menjadi pribadi yang kuat, dan pantang menyerah.

     Pondasi awal yang kokoh akan membuat anak nantinya jadi lebih tangguh saat menghadapi perubahan lingkungan dimanapun dia berada. Anak bukan untuk dibandingkan. Anak juga bukan seperti tanah liat yang bisa dibentuk sesuai keinginan orangtuanya. Tapi anak merupakan pribadi yang berbeda. Dia akan berkembang sesuai dengan keinginan dan harapannya. Biarkan dia tumbuh sempurna untuk mewarnai bumi ini. Tumbuh dengan energi positifnya. Tumbuh dengan penuh keceriaan dan inovasinya. Tumbuh bahagia dan menyalurkannya kepada sesama.

     ” Anak merupakan belah hati, juga harapan orangtua. Biarkan dia tumbuh dengan kokoh, kuat dan mampu mewarnai lingkungan dengan warnanya sendiri. Semburan warna yang lebih indah. Jangan bandingkan dia dengan siapapun tapi terimalah dengan dengan penuh kasih sayang.  “

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(39) Komentar

  1. Memang terkadang kita tak pernah tahu yang dilakukan anak. Jadi tiap anak pasti punya ciri khasnya masing-masing

  2. setuju jangan pernah bandingkan anak dengan siapapun, meskipun itu kakak atau adiknya sendiri. Karena anak punya ciri khas tersendiri

  3. Setuju, anak pertama dan keduaku berbeda banget baik dari segi jenis kelamin dan karakternya. Masing-masing punya kelebihan dan kelemahannya sendiri dan bisa jadi potensi buat mereka jika kita bisa mengelola dan mengarahkannya dengan baik

  4. Setuju banget kalau setiap anak itu unik. Jadi jangan membandingkan apapun dengan yang lain. Pasti punya kelebihan masing-masing. Setiap anak adalah anugerah.

  5. setuju, setiap anak itu istimewa dan lahir dengan kelebihan masing-masing.

  6. yes bener, makanya aku selalu pelajari karakter anak2ku supaya bisa menyesuaikan dalam mendidik mereka

  7. hiks, aku terkadang masih suka membandingkan kakak dan adek. maksudnya siy dicontoh tapi pilihan kalimatnya spt membandingkan. makasih mbak sharingnya 🙂

  8. Setiap anak memang mempunyai keistimewaannya masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya setiap orang tua menyadari hal ini agar anak-anak dapat tumbuh dengan baik dan gembira.

  9. Tiap anak unik dan spesialllllll, sedih kalo masih ada ortu jaman sekarang yang maksa pengennya ortu ke anak 🙈

  10. Setiap anak punya rasa ingin tahu yang tinggi, jadi apa yang dilakukan kadang tidak terduga ya Mba

  11. Setuju banget Mba

  12. Kalo jenis kelamin, perbedaan yang sangat terlihat Mba, tapi kalo karakter tidak bisa diduga perbedaannya

  13. Iya Mba, Anak adalah anuerah yang harus di jaga sebaik mungkin karena bagian dari amanah Allah SWT juga

  14. Iya Mba.. Kelebihan untuk mendukung masa depannya nanti

  15. Perbedaan karakter mempengaruhi cara mendidiknya juga ya Mba

  16. Saling mengingatkan juga Mba

  17. Setuju Mba..

  18. Masih ada sih Mba, type orangtua yang seperti itu. Semoga kita bisa jadi sahabat dan orangtua yang lebih baik untuk anak-anak kita nantinya. aamiin

  19. Setuju mbak. Tiap anak itu spesial, butuh metode sendiri-sendiri untuk mendektao yang satu dengan yang lain.

  20. Iya Mba, semoga kita menjadi orang tua yang bisa memahami kondisi anak

  21. Yap setiap anak memang terlahir dalam keadaan unik ya Mbak , jadi sepertinya keliru banget kalau kita sampai menyamakan anak si A dan si B karena keduanya pasti punya kelebihan dan kekurangan masing2

  22. Memang anak adalah pribadi yang unik mba sehingga kita sebagai orang tua harusnya tidak boleh mengkotak kotakan mereka biarkan mereka berkembang sesuai dengan dirinya

  23. Yes, mba. Anak harus tumbuh sesuai kinginananya. Dan peran orang tua cukup mengarahkan jika jalan yang diambil akan merugikam diri sendiri atau orang lain

  24. Wah.. Tulisan ini benar2 nice reminder buat saya. Punya dua anak yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, terkadang masih menuntut kesempurmaam dari anak. Padahal mereka menerima kita sebagai ibu tanpa syarat meskipun jauh dari sempurna

  25. Ya mba anak belahan hati dan jiwa mesti kudu dirawat dan dibimbing agar kelak berkepribadian baik dan santun.

  26. Betul dan betul mb. Setiap anak berbeda satu dengan yg lain. Kita orang tua yg harus banyak belajar untuk memahami itu. Makasih mb.

  27. Iya bener banget,kadang orangtua gagal memahami perbedaan setiap anaknya dan jadi chaos saat dewasa.

  28. Iya mb… Yang bisa kita lakukan hanya mengupayakam agar lingkungan anak bagus dan dia bisa berkembang optimal dengan kepribadian yang baik…

  29. Iya Mba.. Semoga kita bisa jadi orangtua yang terbaik ya Mba

  30. Anak memang unik, specil dan yang terpenting amanah dari Allah yang harus dijaga sebaik mungkin

  31. Betul Mba.. Rambut sama hitam tapi setiap anak punya keistimewaan tersendiri

  32. Iya Mba.. Orangtua selalu berusaha mengarahkan yang terbaik untuk buah hatinya dan diiringi doa yang tak pernah putus

  33. Sebenarnya lebih mengingatkan diri sendiri Mba.. Karena saya juga Ibu dari 2 putri, salam kenal Mba

  34. Setuju Mba, karena anak merupakan amanah dari Allah SWT

  35. Dari orang tualah, anak belajar untuk menjadi karakter yang lebih baik

  36. Iya banget Mba.. bersaudara tapi berbeda-beda karakternya

  37. Betul Mba, kalo disimak di media memang bikin sedih Mba.. Semoga kita bisa menjadi orangtua yang mampu memahami karakter buah hati kita

  38. Setuju Mba, terlebih saat ini kondisi lingkungan sangat berubah dan perkembangan teknologi makin pesat, jadi cukup extra bagi orangtua

  39. Setuju mbak… Makanya walau sekandung penanganan anak satu dengan anak lainnya itu juga beda, nggak bisa disama ratakan… Jadi orang tua musti cerdas nih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *